Berita Bethel
Penulis: Pram (24/08/2018)
Seusai Hantam Hawaii, Badai Lane Dikabarkan Melemah

Badai Lane ikabarkan melemah setelah menghantam Kepulauan Hawaii, meskipun para pejabat tetap memperingatkan warga bahwa hujan deras akan terus terjadi selama sepekan, Kamis (23/8).Menurut laporan dari Dinas Cuaca Nasional kepada CNN, curah hujan lebih dari 19 inci melanda bagian Timur Big Island selama 24 jam penuh.

Angin topan kategori 3 itu menghantam Big Island dan mengakibatkan tanah longsor serta banjir besar. Sehingga para pejabat terpaksa menutup beberapa ruas jalan.Pusat Badai Pasifik Pusat mengatakan badai tersebut diprediksi menjadi topan besar pertama yang melintas di Negara itu selama 26 tahun dan diperkirakan akan bergerak sangat dekat dengan pulau-pulau utama dan melintasi daratan, Jumat (24/8).

Walikota Honolulu, Kirk Caldwell mengatakan bahwa badai Lane mulai melemah dan mengakibatkan cuaca menjadi sangat lembab, namun hal itu hanya bertahan sementara waktu."Dan itu sebabnya kami mengambil banyak tindakan pencegahan disini," kata dia.Administrator dari Hawaii Emergency Agency, Tom Travis mengatakan bahwa pulau-pulau akan dilanda banjir dan gelombang besar.

"Itu bisa menyebabkan kerusakan, Gubernur David Ige telah mendesak penduduk untuk menyisihkan persediaan makanan dan air selama dua minggu," kata dia.Pusat badai dengan maksimum angin mencapai 125 mph, berada di pasifik sekitar 190 mil selatan-barat daya di kota Kailua-Kona sekitar 11 pagi waktu setempat.

Ahli Metereologi dari Kantor Dinas Cuaca Nasional Honolulu, Leigh Anne Eaton mengatakan kepada wartawan bahwa badai lane kemungkinan akan berpindah mengikuti perubahan tekanan udara."Tetapi akan tetap menjadi badai besar saat melewati Hawaii," kata dia.Dirinya juga menambahkan bahwa badai akan berpindah ke arah barat dan menjauh dari pulau-pulau ersebut, namun belum diketahui kapan hal itu akan terjadi.

Badai Lane juga menyebabkan tanah longsor di Big Island pada Kamis (23/8) pagi waktu setempat, dengan perkiraan hujan 10-30 inci selama akhir pekan.badan pertahanan sipil daerah mengatakan bahwa tanah longsor juga memblokir sebagian rute 19 di Utara Big Island, Di utara Big Island, tanah longsor memblokir sebagian rute 19.

Bus di sekitar Honolulu telah menjemput beberapa penduduk dan membawa mereka ke tempat penampungan, seluruh sekolah diliburkan, dan banyak pegawai negeri yang diminta tetap berada di dalam rumah.Peringatan badai berlaku untuk Big Island serta Maui County dan Oahu yang mana diperkirakan kondisi badai akan terus terjadi di daerah tersebut.

Berdasarkan laporan dari CNN, menurut Leigh Hawaii adalah target yang sangat kecil yang berada di lautan luas dan jarang sekali terancam. Hawaii dilanda badai dalam 60 mil dari garis pantai mungkin hanya terjadi setiap empat tahun sekali.Badai Lane terhitung menjadi sangat langka jika pusat badai melanda daratan. Hanya dua badai yang menyerang Hawaii sejak 1950-an, Badai Dot tahun 1959, dan Badai Iniki pada tahun 1992.

Walikota Maui, Alan Arakawa mengatakan kepada CNN bahwa afiliasi KHON mengatakan bahwa sering terjadi hujan akan menjadi sangat bermasalah.Dirinya khawatir jika gelombang mencapai 20 kaki di Pantai Selatan Maui. Jalan raya bisa ditutup dan puluhan ribu orang terancam tidak mendapatkan akses bantuan dari anggota darurat.

Arakawa mengatakan para pejabat sedang mencari layanan helikopter darurat jika mereka perlu memindahkan orang."Kami hanya harus menahan diri dan menunggu seperti orang lain untuk melihat apa yang sebenarnya terjadi ketika badai menghantam kami," katanya kepada KHON.com

"Saya berharap dan kita semua di sini berdoa agar badai menghilang, tetapi dari semua indikasi, kita akan mengalami banjir besar dan angin kencang di mana pun Badai Lane memutuskan untuk pergi," kata dia menambahkan.Pihak berwenang meminta orang untuk mencari perlindungan sebelum terlambat, atau menetap di dalam rumah jika mereka percaya bangunan rumah mereka dapat menahan badai.

Antrean panjang terlihat di bandara-bandara di Honolulu ketika ratusan orang mencoba mencari penerbangan ke luar pulau sebelum badai mendekat.Departemen Transportasi Hawaii mengatakan bahwa 15 bandara di seluruh negara bagian akan tetap terbuka selama tidak mengalami kerusakan yang membuat penerbangan menjadi tidak aman.Penjaga Pantai AS memerintahkan pelabuhan di Honolulu tutup. Pelabuhan Hawaii dan Maui County juga sudah ditutup.

Presiden Donald Trump menyetujui deklarasi bencana menjelang badai.Dalam sebuah pernyataan yang mengumumkan persetujuan Trump, Gubernur David Ige mengatakan Hawaii telah mengajukan permintaan Deklarasi Bencana Besar Kepresidenan untuk membantu dampak badai di kepulauan tersebut.

"Persetujuan dari Deklarasi Bencana Presidensial yang berarti bahwa Hawaii akan memiliki akses cepat dan efisien ke sumber daya federal setelah Badai Lane, karena komunitas dan warga kami pulih dari kerusakan dan kerugian yang disebabkan oleh badai," kata dia.

"Kami berterima kasih kepada Presiden dan Federal Emergency Management Agency (FEMA) karena menanggapi persetujuan cepat dari permintaan kami sebagai negara yang bersiap untuk cuaca buruk di depan, " kata dia menambahkan. [Sumber : cnnindonesia.com]