Berita Bethel
Penulis: Pram (06/09/2018)
Setidaknya 4 Tewas dan Puluhan Hilang Akibat Gempa Hokkaido

Setidaknya empat orang tewas dan 33 hilang setelah gempa bumi berkekuatan besar melanda pulau Hokkaido, Jepang dan jumlah korban tewas diperkirakan akan bertambah.Gempa bumi berkekuatan 6,7 pada skala Richter ini membuat aliran listrik bagi 5,3 juta warga Hokkaido putus.

NHK melaporkan jumlah korban tewas kini berjumlah empat orang dan enam warga ditemukan telah tidak memiliki detak jantung, istilah yang biasa digunakan di Jepang sebelum secara resmi dinyatakan meninggal.

Sementara 120 orang luka-luka akibat gempa yang terjadi sebelum subuh, Kamis (6/9). Perdana Menteri Shinzo Abe mengatakan 25 ribu tentara Bela Diri Jepang telah dikerahkan untuk membantu operasi penyelamatan.

Foto udara di Hokkaido memperlihatkan tanah longsor di sejumlah lokasi kota Atsuma. Tumpukan tanah kemerahan dan pohon menumpuk di pinggir lapangan. Terlihat juga reruntuhan rumah dan gudang tersebar di sana.

"Terjadi empat getaran mengejutkan berkekuatan besar," ujar seorang warga ke NHK. "Dan tiba-tiba rumah kami miring dan kami tidak bisa membuka pintu."

Untuk pertama kali sejak pembangkit listrik Tomato-Atsuma di Hokkaido didirikan pada 1951, pulau itu gelap gulita. Perusahaan ini mematikan seluruh pembangkit listrik bertenaga bahan bakar fosil itu setelah gempa.

Kini, sebagian Sapporo dan Asahikawa telah kembali bisa menikmati aliran listrik.Pemerintah mengatakan terjadi kerusakan di Tomato-Atsuma yang mengaliri listrik bagi 2,95 juta rumah di Hokkaido. Menteri Industri Hiroshige Seko mengatakan perlu waktu seminggu agar listrik bisa kembali dinikmati oleh seluruh warga pulau itu.

Tayangan televisi dari Sapporo tenggara memperlihatkan jalan-jalan yang hancur dan tumpukan lumpur di jalan utama.Polisi terlihat mengatur lalu lintas karena lampu lalu lintas tidak berfungsi sementara mesin penjual minum dan sebagian besar mesin pengambil uang tunai tidak bisa digunakan."Tanpa listrik, tidak ada yang bisa saya lakukan kecuali menulis resep," ujar satu dokter di kota dekat Atsuma.

Bandar udara Chitose di Hokkaido juga rusak dan ditutup meski merupakan jalan utama keluar dari pulau yang dikenal dengan gunung, danau, tanah pertanian dan makanan laut. Lebih dari 200 penerbangan dan 40 ribu penumpang terkena dampak penutupan bandara itu.[Sumber : cnnindonesia.com].