Berita Bethel
Penulis: Pram (01/10/2018)
Bencana Palu, Tagana Rajawali dan GBI Bergerak Kirim Bantuan

Bencana Palu, Tagana Rajawali dan GBI Bergerak Kirim Bantuan

Meresponi bencana gempa bumi dan tsunami yang melanda wilayah Palu, Sulawesi Tengah, GBI Marturia Ministry Makassar akan bergerak untuk memberikan bantuan buat para korban lusa [Rabu, 2/10]. Gempa bermagnitudo 7,4 mengakibatkan ribuan bangunan rusak dan sedikitnya 420 orang meninggal dunia.

Hal itu disampaikan Gembala yang juga anggota Tagana Rajawali GBI, Pdt. Anton Yosep [foto kanan] ketika dihubungi Redaksi [Senen, 1/10]. Berdasarkan informasinya, ia dan team akan membawa bantuan dari jemaatnya berupa terpal untuk tenda, baju-baju, pembangkit tenaga surya, makanan dan air minum. "Pembangkit itu buat menopang kinerja team medis agar bisa tetap bekerja walau malam,"ujarnya.

Soal rute yang bakalan ia tempuh yakni start dari Makassar melalui Kebun Kopi, namun dengan catatan tidak ada longsor lagi. Bila ada longsor, ia dan team akan melewati Poso. "Bila masih ada longsor di situ, kami akan menempuh rute melalui Mamuju, Sulawesi Barat," tulisnya.

Sementara itu, Redaksi secara terpisah menghubungi Ketua BPD GBI Sulawesi Tengah, Pdt. Sitinjak yang saat ini masih di Tolitoli. "Saya belum bisa pantau [korban / kerusakan pihak GBI]. Lagi saya usahakan ke Palu hari ini [Senen,1/10],"balasnya via WA. 

Lebih lanjut, Pdm. Wijaya [Sekretaris BPD GBI Sulawesi Selatan] melalui WA ketika dihubungi Redaksi menjelaskan komunikasi ke lokasi bencana masih sulit. Ia menuliskan hari Minggu [30/9] Team Tagana Rajawali GBI dari Toraja sudah berangkat ke lokasi di bawah pimpinan Pdt. Yosmart Tolede [foto kiri, GBI Ecclesia Toraja].

Pihak BPD GBI Sulawesi Selatan sedang kumpulkan donasi dan bakalan diangkut ke lokasi bencana lusa [Rabu, 3/10]. Redaksi berusaha menghubungi Pdt. Pdt. Yosmart namun belum berhasil hingga berita ini di-up load.

Doakan agar keluarga besar GBI di Palu, Donggala dan sekitarnya tetap dalam perlindungan-Nya dan team Tagana Rajawali GBI dan team GBI Marturia Ministry Makassar segera mencapai lokasi bencana secara cepat dan lancar. [Foto kompas.com : Puing bangunan di Perumnas Balaroa akibat gempa bumi yang mengguncang Kota Palu, Sulawesi Tengah, Minggu,30/9/2018 / Inzet : dok. pribadi].