Berita Bethel
Penulis: Pram (03/01/2019)

BPD Papua : Pentahbisan Jemaat dan Pelantikan Gembala GBI Sungai Yordan Abepantai

Badan Pekerja Daerah GBI Papua telah mentahbiskan Jemaat dan sekaligus melantik Gembala Jemaat GBI Sungai Yordan Abepantai di Kota Jayapura. Acara ini dimulai kurang lebih pukul 12.00 Siang dengan kondisi  cuaca saat itu sedang hujan namun sama sekali tidak mempengaruhi antusiasme dan kehadiran dari para jemaat maupun tamu undangan [Kamis, 27/12].

Ibadah dimulai diluar gedung gereja dengan perenungan Firman Tuhan secara singkat yang disampaikan oleh Pdt. Ruddy Karundeng selaku Ketua Badan Pekerja Wilayah Port Numbay II, lokasi jemaat ini berada.

Dalam perenungan singkat yang beliau kutip dari kitab Yudas 1:17, perihal gereja harus menjadi garam dan terang bagi sekitarnya. Beliau juga menekankan bahwa gereja memiliki tugas penting untuk mencari mereka yang terhilang agar kembali kepada jalan kebenaran. Sebagai penutup, beliau mengingatkan agar gereja harus hadir bagi semua orang tanpa memandang status dan golongan.

Kegiatan ibadah ini dilanjutkan dengan acara pengguntingan pita yang dilakukan oleh Pdt. Drs. Sumiran, MA, M.Th [Ketua BPD GBI Propinsi Papua] sebagai tanda peresmian bangunan baru Jemaat GBI Sungai Yordan Abepantai.

Berlanjut ke dalam gedung gereja, pemberitaan Firman Tuhan berikutnya dilayani oleh Pdt. Drs. Sumiran, MA, M.Th sembari mengutip Matius 16:16. Dalam khotbahnya,  Beliau menyampaikan bahwa pengakuan Mesias sebagai Anak Allah yang hidup adalah dasar utama dari berdirinya sebuah gereja.

Beliau juga menyampaikan harapannya agar gereja dapat menjadi tempat untuk mengkhususkan diri mempelajari kebenaran Firman Tuhan. Di akhir kotbah, Beliau mengingatkan kembali bahwa gereja harus menjadi representatif dari Kristus di dalam dunia ini untuk memberkati melalui perkataan dan perbuatan.

Selanjutnya, Beliau secara resmi melantik Pdt. Jusuf Itaar, SE, MM sebagai Gembala Jemaat GBI Sungai Yordan Abepantai melalui pembacaan Janji Gembala dan Naskah Pelantikan Gembala yang diakhiri dengan doa berkat oleh setiap hamba Tuhan dan Gembala yang hadir pada saat itu. Ketua BPD GBI Propinsi Papua kemudian mengenakan stola kepada Pdt. Jusuf Itaar, SE, MM.[Hansel Maniagasi].