Berita Bethel
Penulis: Pram (24/01/2019)
Kuliah Umum : Alkitab dan Imajinasi

Pascasarjana STT Bethel Indonesia [Seminari Bethel] Petamburan, Jakarta-Pusat [C.O.F] menggelar acara Stadium Generale yang berjudul "The Bible and Imagination".

Acara ini menampilkan nara sumber Rev. Prof. Richard Topping, Th.D, Professor and Principal Vancouver School of Theology, Canada di GBI Sentral Tomang, Jakarta-Barat [18/01]. Rev. Junifrius Gultom, M.Si, Ph.D selaku Direktur Pascasarjana menterjemahkan pemaparan nara sumber.

Prof. Topping menyampaikan bahwa seni dipakai untuk membawa orang percaya agar setia. Ia memberikan contoh Yesus menggunakan kata seperti benih, tanah dan lainnya untuk mengetahui kebenaran. "Yesus membuat semua menjadi nyata," ujarnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa Alkitab ber-otoritas sebab memiliki tiga kategori masing-masing baik, benar [hidup dengan moral yang baik] dan pengilhaman [Roh Kudus] dan memberikan pencerahan, visi-visi yang akan datang."Alkitab menuliskan domba dan serigala tinggal bersama, namun saat ini belum terjadi. Apa yang belum terjadi saat ini akan terjadi [di masa depan]," katanya. 

Alkitab kata Prof. Topping mengandung kebenaran, salah satunya adalah fakta kebangkitan Yesus Kristus usai masa penyaliban-Nya, pertemuan Yesus dengan wanita Samaria.

"Di dunia Barat, sayangnya Alkitab dianggap sebagai sesuatu yang serius, gelap, bagian dari siksaan. Padahal, Injil adalah kabar baik, penuntun moral," menuntun orang percaya agar serupa dengan-Nya," tegasnya.

Pembicara mengutip pandangan Immanuel Kant soal Yesus Kristus memberikan teladan untuk diikuti [dicontoh], Alkitab memuat 10 Perintah Allah dan moral dengan kepenulisan imperatif. Gereja jangan hanya berusuan dengan Sorga juga, tetapi masalah hukum juga.

Keluaran 20:1 dan Roma12:1 memiliki kesamaan perihal pembebasan bangsa Israel dari Mesir, ibadah yang murni tanpa menyembah berhala. Perintah Allah ditaati dengan joyfull respons.

Pada sesi terakhir, ia memaparkan soal Alkitab memberikan imajinasi. Orang-orang percaya banyak melihat kisah-kisah di Alkitab. Sekali lagi, Prof. Topping mengingatkan Alkitab menuliskan perihal dunia yang akan datang.

"Janji yang diungkapkan Alkitab untuk menuju ke sana [hidup kekal], tetapi belum menjadi fakta yang terjadi sekarang. Kita percaya ada dunia yang akan datang dan membawa damai. Alkitab memberikan gambaran soal janji," ujarnya.  

Nara sumber kemudian mengutip nats Roma 4:17 dan Ibrani 11:1. Di dunia umum, soal imajinasi adalah slogan Martin Luther King Jr yakni "I Have a Dream". Martin ini mendapatkan inspirasi dari Yesaya 40:3-5.

Hasilnya, warga kulit putih dan warga kulit hitam bisa hidup berdamai di USA. slebihnya, Northrop Frye menuliskan "The Educated Immagination" dan Serene Jones [Inhabiting Scripture, Dreaming Bible]. Sesi dilanjutkan dnegan tanya-jawab.