Berita Bethel
Penulis: Pram (25/01/2019)

LBH Bethel Indonesia Lulus Akreditasi dan Perayaan HUT ke-3

Ucapan Syukur Perayaan III dan Akreditasi Bantuan Hukum [2019-2021] LBH Bethel Indonesia digelar di Graha Bethel, Jakarta [Jumat, 25/01]. Acara dimulai tepat jam 10:40 WIB. Usai pujian-pujian dan lagu Indonesia Raya, Pdt. Naftali Untung, MTh mewakili Ketua Umum BPH GBI menyampaikan sambutan singkatnya.

"Atas nama BPH GBI, saya mengucapkan selamat atas berhasilnya proses akreditasi. Hal ini adalah langkah baik di awal tahun 2019. Kami memberikan apresiasi kepada Ka Biro Hukum dan Advokasi [pimpinan LBH Bethel Indonesia], Pdt. Dr. Hanan Suharto, M.Hum dan staf yang telah bekerja giat hampir ke semua daerah [BPD-BPD] di Indonesia," kata Pdt.Pdt. Naftali Untung, MTh.

Ia hadir mewakili Ketua Umum BPH GBI yang tengah dalam perjalanan kembali ke Indonesia usai menghadiri persidangan Church of God di Amerika-Serikat.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa gereja terbentuk dari masyarakat. Sehingga banyak hal yang harus dikerjakan, salah satunya ialah kebutuhan jemaat di bidang hukum. "Di periode ini, kami fokuskan LBH Bethel Indonesia ke arah tersebut," pungkasnya.

Hal senada disampaikan oleh Pdt. Dr. Hanan Suharto, M.Hum bahwa gereja adalah bagian dari masyarakat, kemudian menjadi terang bagi semua masyarakat. "Tiga tahun lalu LBH Bethel Indonesia ini didirikan dan kemudian berkembang. "Tahun pertama kami menghandel kasus-kasus sejumlah 100 lebih. Kami dirikan cabang-cabang di BPD-BPD GBI [semacam Kanwil] di Propinsi-propinsi," ujarnya. 

Untuk melengkapi layanan biro yang dipimpinnya, pihaknya mengadakan pelatihan Paralegal. Saat ini telah mencapai angkatan ke-7. Selanjutnya LBH Bethel Indonesia akan membuka pelatihan Paralegal angkatan ke-8. "Paralegal bisa membantu warga gereja dan masyarakat tanpa membeda-bedakan suku, agama dan ras. Kami berkiprah untuk masyarakat yang tidak mampu. LBH Bethel Indonesia telah terakreditasi kategori C," tegasnya.

Di akhir sambutannya, beliau mengatakan bahwa diperlukan banyak SH [Sarjana Hukum] untuk menangani banyak perkara."Ayo kita bekerja untuk kebaikan bersama khususnya warga tidak mampu yang urusan dengan hukum. Keberadaan Paralegal dan pelatihan nya akan memotivasi jemaat-jemaat untuk melayani," pungkasnya.

Nurhendro Putranto, SH., M.Hum  Kanwil Kemenkum dan HAM Jakarta mengatakan dalam sambutan singkatnya bahwa di wilayah DKI Jakarta, tercatat calon-calon LBH yang mendaftar berjumlah 30 pendaftar.

Namun, dari jumlah itu, hanya 9 pendaftar yang diterima dan salah satunya LBH Bethel Indonesia. Sementara itu, jumlah pendaftar di wilayah Nusantara mencapai 846 calon LBH. Dari jumlah itu, hanya 192 calon LBH yang diterima.

"Kami mengapresiasi LBH Bethel Indonesia. Apabila ada kesulitan, perkara rumit misalnya waris, tanah negara, notaris bisa kontak institusianya. Panjang umur dan panjang karyanya juga," tutupnya.  Hadir juga  masing-masing Revi Balina Putri [Jabatan Fungsional Umum Pengelola Bantuan Hukum], Yuliana selaku JFU Analis Bahan Pertimbangan Hukum, Wahyu Warsito JFT Penyuluh Hukum.  

Indah Rahayu, perwakilan BPHN RI menyampaikan presentasi dengan tema "Gambaran Umum Program Bantuan Hukum : Dasar Hukum, Bantuan hukum". presentasi singkatnya mencakup Skema bantuan hukum , ruang lingkup bantuan hukum [Litigasi : perdata, pidana, hukum tata usaha negara] dan Non Litigasi : penyuluhan hukum, konsultasi hukum, investigasi perkara,  dan lain-lain]. Paling tinggi kasus perceraian dan narkoba. Sistem Informasi Data Base Bantuan Hukum [sidbankum.bphn.go.id]. Hadir juga Bernita S.Komp.

Perwakilan Pelmas BPH GBI [Pdt. Didimus F] mengatakan keberhasilan akreditasi ini akan membuat kami lebih maju lagi. Terus maju dan kembangkan pelayanan melaui LBH Bethel Indonesia ini.

Bersyukur, dalam usia yang masih relatif muda telah terakreditasi C. Ini luar biasa. BPD DKI Jakarta tetap mendukung pelayanan LBH Bethel Indonesia. Kami infokan ke Perwil-Perwil agar bisa ikuti pelatihan paralegal, hal itu disampaikan oleh perwakilan BPD GBI DKI Jakarta, Pdt. Petrus Legowo.

Acara kemudian diisi dengan penyerahan sertifikat pelatihan Paralegal masing-masing kepada perwakilan peserta oleh Ka Biro LBH Bethel Indonesia dan Dr. Yakob Tomatala [foto kiri bawah] dan tiup lilin kue ultah [foto kanan bawah]. Selamat dan Sukses.