Berita Bethel
Penulis: Pram (13/02/2019)
Mengejar Kasih

Nats : Yeremia 1:4-10. Ada dua hal yang umumnya dicari manusia yaitu Fasilitas dan Popularitas.Lalu, apa yang kita kejar dan cari dihidupmu?.

Perikop " Yeremia dipanggil dan diutus " (Yeremia 1:4-10), kita pahami yaitu : 1. Allah memanggil Yeremia untuk menjadi seorang nabi ditengah-tengah  umat-Nya, yang dimulai dari pengenalan Tuhan akan Yeremia (ayat  4-7).

2. Yeremia meresponi dengan rendah hati, tanpa memikirkan lebih dahulu soal fasilitas yang akan didapat dan bagaimana popularitasnya kelak, Yeremia lebih mengejar bagaimana meresponi Allah yang mengasihi dan memanggilnya (ayat  8-10).

3. Walau Yeremia tak menyoalkan akan Fasilitas apa yang didapatkannya dalam panggilan Tuhan, namun dia diperlengkapi Tuhan  dengan : a. Fasilitas (ayat 9).b. Lidah yang diurapi. c. Popularitas (ayat 10), dikenal dan jadi berkat bangsa-bangsa.

Karena respons kasih Yeremia kepada Tuhan,lalu masihkah kita sibuk mengejar fasilitas bendawi dan popularitas lebih dari mengejar Kasih akan Tuhan dihidup ini?.  Bagaimana tanda kita hidup untuk dalam kasih Tuhan? :Pertama,Kasih menghasilkan kesediaan melayani.Janganlah katakan " Aku ini masih muda,.." (ayat 7).Kasih kepada Tuhan, membangkitkan kesediaan dan kerelaan melayani, sehingga siap  mengesampingkan berbagai alasan.

Band. 2 Timotius 2:4 Kesediaan untuk mengambil bagian dalam penderitaan Kristus, itulah wujud kasih sejati kita. Kesediaan kita akan melahirkan pengertian, bahwa melayani tidak berbicara soal: Hukum sebab akibat, jika saya melayani maka saya akan,...Justru, Alkitab mengatakan " Aku datang untuk melayani dan bukan dilayani ". Hukum ekonomi, dengan modal sekecil-kecilnya untuk mendapatkan untung sebesar-besarnya.

Justru, Alkitab berkata bahwa barangsiapa hendak mendapat hidup kekal, juallah segala milikmu dan ikutlah Tuhan". Jadi, hanya kasih sejati yang akan menghasilkan kesediaan untuk melayani.

Kedua : Kasih membangkitkan keberanian melayani." Janganlah takut kepada mereka,.. " (ayat 8).Keberanian tidak cukup sebatas perasaan, tapi tindakan nyata yang didorong kasih oleh kasih kepada Tuhan dan kasih pada sesama.

Band. 1 Yohanes 4:18 Allah adalah kasih dan didalam kasih tidak ada ketakutan.Keberanian melayani tidak boleh bersyarat, tetapi pengorbanan yang didorong akan kerinduan mengejar Kasih Tuhan lebih dari menginginkan Fasilitas dan Popularitas.Ingat, Tuhan memfasilitasi hidup kita untuk kemasyuran / popularitas namaNya.[Pdt. Yusuf Sumitro, MTh].