Berita Bethel
Penulis: Pram (26/02/2019)
beritabethel.com - Pewarna Indonesia Gelar Pelatihan Jurnalistik Buat Tagana Sul-Sel

Guna memperlengkapi anggota Tagana Rajawali GBI Sulawesi Selatan khususnya dalam penulisan serta pengiriman berita dari lokasi bencana, beritabethel.com yang diwakili staf editor [Pdp. Soelispramboedie, STh] menggelar pelatihan dasar-dasar jurnalistik. Kegiatan ini bertempat di GBI Marturia Ministry, Makassar mulai hari ini [Selasa 26/2 - Rabu, 27/2].

Hadir Gembala setempat, Pdt. Anton Yosep dan sekitar 29 peserta yang terdiri dari Tagana Rajawali dan beberapa orang jemaat. Kegiatan ini merupakan kerja-sama antara beritabethel.com dan Persatuan Wartawan Nasrani (PEWARNA) Indonesia.

Materi pertama dengan konten teori meliputi syarat bahasa jurnalistik, fungsi utama pers, rumus menulis berita, komposisi berita [teras berita, tubuh berita, kaki/penutup berita], kriteria judul, macam-ragam teras berita, teknik wawancara, teknik memotret.

Esok hari adalah hari kedua pelatihan [Rabu, 27/2]. Sesuai skedul, sesi pertama yaitu peserta akan menerima penjelasan soal UU No. 40/1999 tentang Pers, Kode Etik Jurnalistik, UU ITE dan Pedoman Penyiaran Siber.

Selanjutnya, sesi kedua akan diisi dengan penilaian hasil foto-foto peserta di lokasi bencana, praktek dan presentasi tulisan peserta di lokasi bencana dan diakhiri dengan praktek wawancara.

Nara sumber, Staf editor beritabethel.com juga memperkenalkan organisasi Pewarna Indonesia dan persyaratan pendaftaran untuk menjadi anggota dengan mempresentasikan form registrasi, termasuk menginfokan kepada peserta Contact Person Pewarna Indonesia khusus bagian yang menghandel pendaftaran.

Sesuai dengan arahan Ketua Umum Pewarna Indonesia, Yusuf Mujiono, STh, hasil kepenulisan peserta dengan ketentuan memenuhi kriteria jurnalistik bisa juga dikirimkan kepada Pewarna Indonesia dan akan dipublikasikan di media-media online dan cetak yang tergabung dalam Pewarna Indonesia.