Berita Bethel
Penulis: Pram (21/03/2019)
Andalkan Tuhan ! & Sinode Tetap Terlaksana Sesuai Skedul

Mazmur 127 : 1 "Nyanyian ziarah Salomo. Jikalau bukan TUHAN yang membangun rumah, sia-sialah usaha orang yang membangunnya; jikalau bukan TUHAN yang mengawal kota, sia-sialah pengawal berjaga-jaga",merupakan nats yang dikutip oleh Pdt. Dr. Soehandoko Wirhaspati [Ketua MP BPH GBI] pada sesi renungan Firman Tuhan sebelum pembukaan Rapat Pan Pel Sinode GBI XVI di Graha Bethel, Jakarta [Kamis, 21/3].

Lebih lanjut, ia menegaskan saat ini adalah momentum buat GBI menuju ke arah yang lebih baik. "GBI ini satu keluarga. Mari bangun kebersamaan. Namun, kedepankan, andalkan [bergantung] kepada Tuhan. GBI lebih nyata lagi dalam kebersamaan kita. Kalau tidak, kita tidak bisa finishing well," ujarnya.

Pdt. Dr.Soehandoko Wirhaspati kemudian membacakan nats Yeremia 17 : 8 "Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah". "Jangan takut hadapi tantangan," pungkasnya.  

Ketum BPH GBI mengatakan dalam arahan singkatnya bahwa pertemuan ini adalah lengkap karena dihadiri BPH dan MP juga. Kemudian, ia menambahkan nats renungan diatas harus jadi pegangan Pan Pel." Andalkan Tuhan, sebab sia-sia jika tidak lakukan itu. Ini tahun politik, hiruk pikuk "masuk" ke dalam gereja juga," tegasnya.

Ia berpesan agar GBI laksanakan penyelesaian Amanat Agung Yesus Kristus. GBI kini adalah gereja yang terbesar di Indonesia. Namun, dengan nada prihatin ia menambahkan bahwa masih banyak gereja yang belum melaksanakan hal ini.  

Selanjutnya, Ketua Pan Pel, Pdt. Paul R. Widjaya melaporkan perkembangan kinerja kepanitiaan masing-masing bulan Maret 2019 : penetapan agenda Sinode dan pembicara. Sosialisasi melalui berbagai jalur, termasuk BPD.

April 2019 : Pengumpulan janji iman. Mei 2019 : Target pendaftaran 70 %. Juni 2019 : Finalisasi akomodasi dan seterusnya sampai pelaksanaan Sinode GBI XVI [27-30 Agustus 2019] di SICC Sentul, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa-Tengah.

Pdt. Paul R. Widjaya melaporkan rincian jumlah calon peserta Sinode XVI per tanggal 20 Maret 2019 [Lunas & Belum Lunas] sebagai berikut : 1. Gembala [Pdp dan Pdm] : 905 orang. 2. Pdt : 1335 orang. 3. Pdm : 212 orang. 4. Pdp : 159 orang. 5. Non Pejabat : 89 orang. Total  : 2.700 orang.

Agenda berikutnya adalah pelaporan Bendahara dan Bidang-bidang terkait sampai berita ini diturunkan sedang berlangsung. Dukung dan doakan agar Pan Pel bisa bekerja dan melayani dengan baik serta kelancaran acara Sinode GBI XVI. Siang ini akan dilaksanakan jumpa pers dengan media-media Kristiani.