Berita Bethel
Penulis: Pram (26/03/2019)
Sinode XVI : 27-30 Agustus 2019 di SICC Sentul

Konfirmasi kepastian skedul Sidang Sinode XVI ini disampaikan langsung oleh Ka Pan Pel [Ketua Panitia Pelaksana], Pdt. Paul R.Widjaya di Graha Bethel, Jakarta [Kamis, 21/3] di hadapan para wartawan media Kristiani.

Ia berbicara pada sesi konferensi pers. Turut serta hadir masing-masing Ketua Umum BPH GBI, Ketua BPD GBI DKI Jakarta, Ketua BPD GBI Bekasi, Jawa-Barat, Bendahara Pan Pel Sinode, Ketua MP BPH GBI dan anggota MP BPH GBI, Pdt. T.L. Henoch.

Soal jumlah para peserta yang bakalan hadir, Ketua Pan Pel menegaskan jumlah peserta mencapai kuorum. "Persidangan sudah pasti dilaksanakan," ujarnya. Tema Sinode ini ialah "Great Harvest", Menuai dengan Kuasa Roh Kudus.

Selanjutnya, Ketua Umum BPH GBI mengatakan acara persidangan bukan hanya laporan pertanggung-jawaban BPH periode 2014-2018 saja, tetapi bakal diisi dengan lokakarya, pemilihan Ketua Umum periode 2019-2023. "Diharapkan Sinode nanti sukses sehingga GBI semakin mantap dan berkesinambungan dalam melayani jemaat dan masyarakat,"ujarnya.

Pdt. Dr. Japarlin Marbun menambahkan bahwa GBI selama ini turut serta melayani di bidang pendidikan, layanan bantuan bagi masyarakat. Salah satunya yakni penerjunan Tagana Rajawali GBI dan Pelmas ke lokasi-lokasi banjir bandang di Sentani, gempa bumi Poso, re-konstruksi gereja-gereja yang alami kerusakan pasca bencana.

Menjelang Sinode, imbuhnya bakalan digelar acara sidang MPL GBI pada tanggal 21-23 Agustus 2019 dengan salah satu agendanya yaitu finalisasi acara Sinode, pengesahan Tata Gereja. Selanjutnya pada tanggal 24-27 Agustus 2019 bakal di gelar Diklat bagi para calon Pendeta. Nantinya, sekitar 800-an calon Pendeta ini bakalan dilantik pada salah satu sesi Sinode XVI.