Berita Bethel
Penulis: Pram (06/05/2019)

Cek dan Ri-cek Sebelum Terbitkan Berita !

Cek dan Ri-cek Sebelum Terbitkan Berita ! Pdt. Dr. Japarlin Marbun sebagai Penasehat Perwamki [Perkumpulan Wartawan Media Kristen Indonesia] dalam sambutan singkatnya mengharapkan agar Perwamki bisa menjadi terang di tengah masyarakat melalui pemberitaan yang memberikan terang dan kecerdasan.

Lebih lanjut, ia berpesan agar jurnalis mewartakan kebenaran untuk 'diangkat' [diterbitkan, di-upload] ke permukaan. Sebelum mewartakan sesuatu berita, ia membagi perlunya memperhatikan tiga hal sebagai penyaring [filter] yaitu : 1. Benarkah apa yang akan saya beritakan itu ?. Perlu cek en ricek.

2. Carilah kebenaran. Artinya tepatkah apa yang akan saya beritakan itu, tepatkan audiennya ?. Ada kasus seorang hamba Tuhan yang dimuat di media sosial. Pembaca bukan anak Tuhan, bisa nila setitik, rusak susu sebelangga. Kekirstenan terbawa-bawa juga.

3. Bergunakah apa yang akan saya wartakan itu ?, bila mendatangkan hal-hal yang negatif. "Kehadiran Perwamki bisa menjadi berkat di tengah gereja dan masyarakat. Sehingga nama Tuhan dimuliakan. Pengurus Perwamki lebih maju, pewartaan bisa imbangi pewartaan yang negatif baik di media main stream dan med sos," tegasnya.

Penasehat Perwamki periode 2019-2023 ini prihatin mengingat med sos dipenuhi berita-berita hoax karena para pemberita kebenaran diam saja. Menurutnya, warga gereja musti menyuarakan kebenaran di media mains steam dan med sos. "Sehingga media dipenuhi kebenaran, bukan hal-hal negatif. Perwamki menjadi tangan Tuhan untuk wartakan kebenaran," pungkasnya.

Sesi para undangan menikmati acara makan malam. Sebagai puncak acara yakni penyerahan SK untuk para Dewan Penasehat DPP Perwamki periode 2019-2023 [Pdt. Dr. Japarlin Marbun, Pdt. Dr. Antonius Natan, Pdt. Dr. Mulyadi Sulaiman, John Panggabean], pengukuhan pengurus DPP,doa pengutusan, penyerahan bendera Perwamki dari Ketua lama [Yusak Tanasyah] kepada Ketua baru [Stevano Margianto].

Acara juga diisi dengan penyerahan SK kepada para Dewan Pengawas Perwamki [mantan Ketua Perwamki atau para pendiri Perwamki]. Selamat dan sukses !.