Berita Bethel
Penulis: Pram (15/06/2019)

Hadir ke Sinode dan Memperoleh Pembelajaran Positif

H-72 hari lagi, GBI akan punya gawe besar yakni Sidang Sinode GBI XVI yang bakal di gelar di SICC Sentul, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa-Barat [27-30 Agustus 2019.

Hal itu disampaikan oleh Sekum BPH GBI dan Ketua Panitia Pelaksana Sinode, Pdt. Paul R.Widjaya dalam sambutan singkatnya.

Ia menyampaikan hal itu pada sesi doa syafaat persiapan Sinode XVI di Graha Bethel, Jakarta [Sabtu, 15/6]. Sekaligus, beliau melaporkan total peserta yang telah mendaftar mencapai angka 3.641 orang [data rekap sampai dengan tanggal 13 Juni 2019].

Rinciannya masing-masing : Gembala Pdp dan Pdm = 1.305 orang. 2. Pdt = 1.717 orang. 3. Pdm = 278 orang. 4. Pdp = 211 orang. 5. Non pejabat = 130 orang."Doakan agar persidangan berjalan dengan baik, peserta hadir dengan suka-cita," tutup Pdt. Paul R Widjaya.

Selanjutnya, Pdt. Dr. Japarlin Marbun mengatakan Sidang ini bukan agenda rutin, diharapkan ada terobosan baru. GBI saat ini Tuhan pakai secara luar biasa untuk menstransformasi Indonesia. Ia pun mengakui secara umum ada gereja-gereja yang alami stagnan dan kemunduran saat ini.

Namun, GBI terus bertumbuh baik dari sisi church planting, penjangkauan jiwa-jiwa, pengembangan organisasi. Sidang ini katanya bakal dihadiri oleh pejabat gereja dari Afrika yang akan belajar persidangan dari GBI.

"Jangan sampai datang ke Sidang tapi peserta tidak dapat pembelajaran yang positif. Sidang Sinode kita bisa jadi teladan buat gereja-gereja lain," tegasnya.

"Banyak gereja yang datang ke GBI untuk belajar pengembangan gereja. GBI saat ini dalam usia 49 tahun dan tahun depan, 2020 mencapai usia 50 tahun. Pada usia emas ini, GBI diharapkan bisa mencapai 10.000 gereja lokal. Perlu doa sungguh-sungguh, sesuai dengan tema utama "The Great Harvest" dan sub tema "Menuai dengan Kuasa Roh Kudus". Untuk itu perlu Kuasa Roh Kudus, sesuai dengan nats KIS 1:8,"ujarnya.

Ketum BPH bersyukur bahwa SMD-SMD kini berjalan lebih baik, tidak ada ribut-ribut lagi, mudan mencapai kuorum. Hampir 70%-an pejabat GBI yang hadir.

Lebih lanjut, Pdt. Dr. Japarlin Marbun menambahkan bahwa Sinode akan diisi juga dengan pembinaan-pembinaan.Panitia rindu agar para peserta mendapatkan hal-hal yang luar biasa.

Ia pun menyadari bahwa untuk peserta asal luar pulau mengalami kenaikan tiket pesawat udara yang cukup tinggi. "Sidang ini bakalan menjadi pesta rohani, terjadi kegerakan baru dan mencapai The Great Harvest," tutupnya.

MP BPH GBI, Pdt. TL. Henoch mengatakan bahwa GBI perlu doa dan puasa. Gereja ada hoax juga, untuk itu perlu berhati-hati. Ia mengutip nats Matius 17:1-2 dan 21.

Sesi dilanjutkan dengan doa syafaat oleh beberapa pendoa dan para hamba Tuhan. Tepat jam 11.35 WIB acara ini selesai dan dilanjutkan dengan makan siang bersama.Rapat Panitia Pelaksana Sinode edisi Juni 2019 bakalan digelar di Graha Bethel Jakarta, pada hari Kamis, 20 Juni 2019.