Berita Bethel
Penulis: Pram (19/06/2019)

Puncak Perayaan Bulan Keluarga GBI 2019

Sejak tahun 2016, Kelompok Kerja [Pokja] Keluarga Unggul  BPH GBI yang dipimpin oleh Ketua Pembinaan Keluarga [Pdt Dr. dr. Dwidjo Saputro SpKJ], menetapkan bulan Juni sebagai Bulan Keluarga GBI.

Pada setiap Bulan Keluarga GBI, setiap jemaat lokal GBI di seluruh dunia dihimbau untuk mengadakan aktivitas yang berhubungan dengan keluarga seperti donor darah, lomba masak, seminar bertemakan keluarga, dan lain sebagainya.

Badan Pekerja Harian (BPH) GBI pada Bulan Keluarga juga mencetak buku Bulan Keluarga dalam format cetak dan digital. Materi berisikan materi khotbah dengan tema keluarga untuk selanjutnya dikhotbahkan selama bulan Juni di jemaat lokal GBI di seluruh dunia.


Buku bulan keluarga tersebut didistribusikan melalui BPD-BPD GBI di seluruh Indonesia, BPLN dan Perwil-perwil GBI.Dalam bulan keluarga GBI diadakan pula puncak perayaan Bulan Keluarga Nasional GBI yang terdiri dari sesi  ibadah, penampilan kesenian, seminar maupun lokakarya.


Puncak Perayaan Bulan Keluarga GBI 2019 diadakan di kota Malang, Jawa-Timur pada hari Selasa, tanggal 18 Juni 2019, mulai jam  09.00-12.00 WIB di GBI Betlehem Malang.

Acara diawali dengan tarian daerah dan kata sambutan selamat datang dari Ketua BPD Jawa Tinur [Pdt Lilik Lasmanto], kemudian pujian penyembahan. Selanjutnya, Ketua BPH GBI, Pdt Dr Japarlin Marbun menyampaikan kata sambutan.


Dalam kata sambutannya,  Pdt Dr Japarlin Marbun mengatakan bahwa institusi keluarga sangatlah penting untuk diperhatikan oleh gereja, oleh karena itu GBI memandang perlu kegiatan sehubungan dengan keluarga seperti puncak perayaan Bulan Keluarga diadakan guna memperlengkapi para gembala jemaat, pejabat GBI dan jemaat pada umumnya dengan materi pembinaan keluarga.

Sesi selanjutnya adalah presentasi Pdt. dr. Josafat Mesach M.Th. Ia menyampaikan perihal presentasi tentang penelitian kebutuhan hamba-hamba Tuhan GBI.


Penelitian ini adalah hasil angket yang dibagikan dan diisi oleh seluruh pejabat GBI saat Majelis Daerah berlangsung di seluruh BPD dan BPLN GBI.

Setelah presentasi tersebut, acara diisi pemamaparan materi pleno keluarga yang disampaikan oleh Pdt Dr Dwidjo Saputro  SpKJ dengan tema "Memaksimalkan Peran Ayah Dalam Membangun Keluarga Berkualitas".

Pdt Dr Dwidjo SpKJ dalam pemaparannya antara lain menyatakan betapa pentingnya peran Bapa dalam keluarga dan peran bapa ini sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak.

Hubungan yang harmonis antara seorang Bapak dengan anaknya juga sangat diperlukan sehingga anak-anak dapat tumbuh sehat jasmani dan rohani.Disamping itu seorang Ibu juga harus berperan dalam menguatkan keluarga.

Ada 5 peran seorang Ibu yang dapat dilakukan yaitu :  1.Meneguhkan suaminya. 2.Menanamkan keintiman pada anak-anak. 3. Merawat dan mengasuh anak. 4. Menjaga hubungan sosial keluarga. 5. Mmenjadi home maker [pengurus keluarga].

Selanjutnya Sekretaris Pokja Keluarga Unggul GBI, Pdt Togi Simanjuntak. S.Sos. MA  mempresentasikan info tentang apa itu Pokja Keluarga Unggul GBI dan hal-hal apa yang telah dilakukan selama ini oleh Pokja Keluarga Unggul GBI.

Dalam presentasinya,  Pdt Togi Simanjuntak  menyatakan bahwa selama kepengurusan BPH GBI dibawah kepemimpinan Pdt Dr Japarlin Marbun selaku Ketua BPH GBI dan Pdt Dr dr Dwidjo Saputro SpKJ selaku Ketua Pembinaan Keluarga telah merelease modul pembinaan keluarga yakni 1. Unlimited Godly (UG2), sebuah modul pelatihan untuk pemuda dan remaja agar hati anak-anak dapat kembali kepada orang tua.


2. Visionary Parenting yakni modul pelatihan prinsip Alkitabiah bagi orang tua untuk dapat mendampingi dan berperan dengan baik bagi anak-anaknya.

3.Sekolah Minggu Sahabat Keluarga (SMSK) yakni kurikulum bagi orang tua yang dilatih oleh para guru sekolah minggu untuk dapat mewariskan iman kepada anak-anaknya.

4. Pelatihan Satgas MEKAR (Melindungi Keluarga Anak & Remaja).Satgas MEKAR adalah satgas yang dilatih untuk siap siaga dalam menangani masalah keluarga yang terjadi khususnya dalam lingkup jemaat GBI.

Dalam TFT satgas pertama, modul pelatihan satgas MEKAR telah diajarkan kepada para peserta selama sehari penuh di Graha Bethel, Jakarta. Acara ini  dihadiri oleh sekitar 320 gembala jemaat lokal, pejabat Gbi dan jemaat umum ini.


Pada penghujung acara, Pdt Dr Japarlin Marbun menutupnya dengan memberikan doa berkat.Acara selanjutnya yakni makan siang dan fellowship. [TS]