Berita Bethel
Penulis: Pram (09/07/2019)

Gereja Musti Bisa Menjawab Kebutuhan Jemaat dan Masyarakat !

Temu rutin dengan rekan-rekan media adalah penting dan baik untuk BPH GBI dan media-media Kristiani, demikian inti pembicaraan santai dan ngopi bareng di Graha Bethel, Jakarta [Senen, 8/7].

Hadir sebagai tuan rumah yakni Ketua Umum BPH GBI dan 19 media Kristiani yang tergabung dalam organisasi Pewarna dan Perwamki. Mengawali acara ini, Ketum BPH mengabarkan bahwa Sinode GBI XVI bakal digelar sesuai jadwal yakni tanggal 27 Agustus 2019 - 30 Agustus 2019.

Pdt. Dr. Japarlin Marbun mengatakan jika ada info yang dipahami sepotong-sepotong merupakan suatu bahaya. Artinya info itu mendistorsi suatu [isi] berita dan menimbulkan salah paham.

Pertemuan dengan media ini menurutnya akan lebih ditingkatkan lagi untuk masa-masa yang akan datang. "GBI ini sangat banyak, berada di area yang luas, ada even-even besar," tegasnya. Ia kemudian memberikan contoh sebuah acara besar di Manado, Sulut yakni Jambore Nasional DPA [Departemen Pemuda dan Anak].

Acara itu dihadiri sekitar 7 - 10 ribuan orang. Even ini bisa di-sharekan ke media juga. Lebih lanjut, Ketum BPH menambahkan ada even peresmian nama jalan di Manado dengan nama jalan "Jalan GBI". "Wartawan bisa memberikan masukan-masukan dari masyarakat kepada [BPH] GBI, sehingga GBI bisa kerjakan pelayanan yang benar dan tepat guna.

Menyikapi perkembangan teknologi yang semakin canggih, Ketum BPH menyatakan perlunya digitalisasi pelayanan gereja seperti sistem administrasi, pendidikan, aplikasi di setiap gereja lokal dengan platform digital.

Di hadapan awak media, Pdt. Dr. Japarlin Marbun memaparkan program kerja bila terpilih kembali, yaitu  ia akan melaksanakan G.R.E.A.T yang terdiri dari : 1. G = Growing Church dengan target 10 ribu gereja lokal. 2. R = Relevant Church dengan format gereja yang menjawab kebutuhan jemaat dan masyarakat.

3. E = Excellent Service yakni peningkatan pelayanan dan lain-lain. 4. A = Accountable church, gereja yang bisa dipertanggung-jawabkan secara teologis, admin dan keuangan. 5. T = Transform, gereja yang berdampak buat masyarakat dan bangsa dan negara.

Acara dilanjutkan dengan tanya-jawab dan foto bersama.Sebelumnya, Ketua WBI BPH GBI dan Sekretarisnya menyampaikan info soal Konferensi Nasional WBI yang bakalan digelar di Solo, Jawa-Tengah [13-16 Agustus 2019].