Berita Bethel
Penulis: Pram (17/07/2019)

KELOMPOK KERJA KELUARGA UNGGUL GEREJA BETHEL INDONESIA

Membangun Kesadaran Terhadap Para  Pemimpin Rohani Akan Pentingnya Pelayanan Keluarga Bagi Transformasi, Gereja, Masyarakat & Bangsa Indonesia).

Dalam kepengurusan Badan Pekerja Harian Gereja Bethel Indonesia (GBI) periode 2014-2019 dibawah kepemimpinan Pdt Dr Japarlin Marbun sebagai Ketua Umum Badan Pekerja Harian GBI , Pdt Dr Dwidjo Saputro SpKJ, sebagai Ketua Pembinaan Keluarga membentuk Kelompok Kerja (Pokja) Keluarga Unggul Gereja Bethel Indonesia (GBI) yang memfokuskan program pada pendewasaan iman keluarga bagi suami, isteri maupun anak-anak, parenting, pemuridan dalam keluarga, dan lain sebagainya.

Pokja Keluarga Unggul GBI telah banyak memberikan kontribusi bagi para pemimpin dan jemaat lokal di lingkungan GBI maupun gereja-gereja lokal Sinode lainnya melalui berbagai program serta kegiatan dan modul-modul keluarga yang dihasilkan.

Pokja Keluarga Unggul GBI juga berhasil membina hubungan yang baik dengan lembaga-lembaga pemerintahan, antara lain : Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (KPPPA), Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan Kegerakan nasional Ayah Hebat yang didalamnya GBI lewat Pokja Keluarga Unggul menjadi salah satu stake holder  bersama lembaga-lembaga organisasi, lembaga pemerintahan dan lembaga lintas agama nasional.

Puji Syukur Kepada Tuhan yang telah menyertai Pokja Keluarga Unggul GBI dalam melaksanakan program-program dan kegiatan sepanjang periode kepengurusan BPH GBI Tahun 2014 sda 2019 dimana ada sepuluh legacy atau warisan yang baik dan berguna yang diberikan oleh Pokja Keluarga Unggul GBI selama bekerja dalam kurun waktu tersebut.

1. BUKU BULAN KELUARGA GEREJA BETHEL INDONESIA. Setiap tahun sejak 2015 pada bulan Juni, Kelompok Kerja (Pokja) Keluarga Unggul Gereja Bethel Indonesia (GBI) mencanangkan sebagai pekan bulan keluarga GBI. Dalam pekan bulan keluarga, setiap tahunnya Pokja Keluarga unggul GBI membuat buku materi khotbah berikut power point khotbah untuk disampaikan dalam ibadah raya minggu selama bulan Juni di seluruh gereja lokal GBI dalam maupun luar negeri.Buku bulan keluarga GBI berikut power point khotbahnya, didistribusikan kepada seluruh gereja lokal GBI melalui Badan Pekerja Daerah (BPD) dan Badan Perwakilan Luar Negeri (BPLN).

 

2. PUNCAK PERAYAAN BULAN KELUARGA GEREJA BETHEL INDONESIA . Dalam pekan bulan keluarga GBI yang dirayakan setiap bulan Juni, turut diadakan puncak perayaan bulan keluarga GBI dengan diisi oleh seminar atau panel diskusi yang disertai tanya jawab tentang topik-topik yang bertemakan keluarga.Puncak perayaan bulan keluarga diadakan sejak tahun 2015, 2016, 2017, 2018 dan 2019.Pada tahun 2019 puncak perayaan bulan keluarga GBI diadakan di kota Malang, Jawa-Timur pada tanggal 18 Juni 2019.

3. KONFERENSI PELAYANAN KELUARGA (KPK).Konferensi Pelayanan Keluarga (KPK) adalah sebuah konferensi yang bertujuan untuk membangkitkan gairah bagi para pemimin rohani khususnya para gembala jemaat terhadap pelayanan keluarga serta menggerakkan mereka untuk memperhatikan dan fokus pada pelayanan keluarga didalam gereja lokal.

Penyelenggaraan KPK biasanya diadakan dua hari. Hari pertama adalah sesi seminar dengan bentuk pleno umum dan hari kedua adalah pelatihan modul yang dibagi kedalam kelas pelatihan yang bisa dipilih oleh penyelenggara lokal setempat, antara lain yaitu : Pelatihan Bapa Sepanjang Kehidupan (BSK), pelatihan Visionary Parenting (VIP), pelatihan Unlimited Generation (UG2),  pelatihan Sekolah Minggu Sahabat Keluarga (SMSK).

KPK diadakan bekerjasama dengan Badan Pekerja Daerah GBI sebagai tuan rumah dan gereja lokal yang ditunjuk sebagai panitia lokal. Para peserta KPK diutamakan para gembala dan para pejabat GBI walaupun dalam tiap penyelenggaraannya KPK dibuka untuk jemaat dari kalangan umum dari jemaat GBI dan Sinode lain.

KPK telah menjadi berkat bukan hanya untuk para pemimpin, pejabat dan jemaat GBI saja tapi juga bagi para pemimpin dan jemaat diluar Sinode GBI, dimana dalam penyelenggaraan KPK di beberapa BPD GBI bekerja sama dengan Pemerintah setempat, Lembaga Pemerintahan yang ada kaitannya dengan keluarga seperti BKKBN dan Komisi Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia (KPPPAI), Badan Kerjasama Gereja atau Forum Kerukunan Umat Beragama dan juga para pemimpin Sinode lain.

4. PELATIHAN BAPA SEPANJANG KEHIDUPAN (BSK). Bapa Sepanjang Kehidupan adalah sebuah kegerakan untuk mengajarkan dan memotivasi setiap laki-laki untuk berfungsi menjadi bapa (secara rohani) dalam keluarga dan masyarakat serta berupaya untuk membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya (Maleakhi 4:5-6).

Untuk menjalankan kegerakan tersebut disusun modul pelatihan Bapa Sepanjang Kehidupan [BSK] yang dilaunching pada bulan September tahun 2011 dalam acara Konferensi Keluarga Indonesia yang diselenggarakan oleh Badan Pekerja Harian Gereja Bethel Indonesia bekerjasama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Pelatihan modul Bapa Sepanjang Kehidupan telah dibawakan dan menjadi berkat bagi seluruh Badan Pekerja Daerah GBI dan Badan Pekerja Luar Negeri, gereja-gereja lokal GBI dan gereja-gereja lokal diluar sinode GBI baik didalam maupun luar negeri. Modul BSK telah dilatihkan kepada 2.370 orang.

5. VISIONARY PARENTING (VIP). Visionary Parenting adalah modul pelatihan yang disusun dan dibuat oleh Pokja Keluarga Unggul Gereja Bethel Indonesia.  Modul ini berisi pelajaran tentang Parenting yang digunakan untuk melatih pasangan suami isteri dalam fungsinya sebagai orang tua dalam mendidik dan mendampingi anak-anaknya supaya menjadi generasi ilahi yang takut akan Tuhan dan berhasil dalam aspek kehidupan masa depannya.

Pelatihan modul VIP telah dibawakan dan menjadi berkat bagi seluruh Kordinator Daerah Wanita Bethel Indonesia Gereja Bethel Indonesia di dalam maupun luar negeri, Badan Pekerja Daerah GBI dan Badan Pekerja Luar Negeri, gereja-gereja lokal GBI dan gereja-gereja lokal diluar Sinode GBI baik didalam maupun luar negeri. Telah dilatihkan kepada 643 orang dari berbagai gereja lokal GBI dan melalui Korda WBI telah dilatih 4.596 orang.

6. UNLIMITED GODLY GENERATION (UG2). Unlimited Godly Generation adalah sebuah kegerakan untuk mengajarkan dan memotivasi setiap pemuda dan remaja berfungsi menjadi bapa (secara rohani) dalam keluarga dan masyarakat serta berupaya untuk membuat hati anak-anak kembali kepada bapa-bapanya (Maleakhi 4:5-6).

Untuk menjalankan kegerakan tersebut disusun modul pelatihan Unlimited Godly Generation (UG2) yang kerangka utamanya diambil dari modul Bapa Sepanjang Kehidupan.Modul pelatihan UG2 dilaunching pada tahun 2014 yang digunakan untuk melatih setiap anak remaja dan pemuda untuk memiliki pandangan sejak dini tentang keberfungsian sebagai bapa (memiliki karakter Allah Bapa di Surga).

Pelatihan modul UG2 telah dibawakan dan menjadi berkat bagi hampir seluruh Badan Pekerja Daerah GBI dan Badan Pekerja Luar Negeri, gereja-gereja lokal GBI dan gereja-gereja lokal diluar sinode GBI baik di dalam maupun luar negeri.Modul UG2 telah dilatihkan kepada 584 orang dari berbagai gereja lokal GBI.

7. SEKOLAH MINGGU SAHABAT KELUARGA (SMSK).Adalah kurikulum sekolah minggu bagi orang tua untuk dapat mengajarkan prinsip-prinsip kebenaran Firman Tuhan kepada anak-anaknya. Kurikulum tersebut dilaunching dalam puncak perayaan bulan keluarga GBI pada tanggal 19 Juni 2017 di Graha Bethel Cempaka Putih Jakarta-Pusat, lalu mulai dilatihkan kepada guru-guru sekolah minggu, kemudian gruru-guru sekolah minggu melatih para orang tua di gereja lokal untuk memakai kurikulum tersebut dalam memuridkan anak-anaknya supaya menjadi generasi ilahi.

Pelatihan kurikulum  SMSK telah dibawakan dan menjadi berkat bagi gereja-gereja lokal GBI dan gereja-gereja lokal di luar sinode GBI baik didalam maupun luar negeri.Kurikulum SMSK telah dilatihkan kepada 549 orang.

8. MELINDUNGI KELUARGA ANAK & REMAJA (MEKAR).MEKAR diawali oleh panggilan dan beban yang dimiliki Kelompok Kerja Keluarga Unggul GBI untuk memiliki satuan tugas keluarga yang siap membantu dan mendampingi permasalahan-permasalahan keluarga yang dimiliki oleh jemaat di lingkungan gereja lokal GBI pada khususnya dan masyarakat pada umumnya, karena permasalahan keluarga di era saat ini sangat kompleks seperti kekerasan dalam rumah tangga, generasi yang broken home, keterikatan narkoba, perceraian, dan lain sebagainya.

Sebagai tindakan nyata,Kelompok Kerja Keluarga Unggul GBI menyusun modul MEKAR yang dilaunching dalam puncak perayaan bulan keluarga GBI pada tanggal 26 Juni 2018 di Graha Bethel Cempaka Putih Jakarta-Pusat dan mengajarkannya dan memberi pelatihan kepada orang-orang yang kemudian dilantik sebagai Satgas MEKAR yang tugasnya membantu serta mendampingi keluarga-keluarga yang butuh pertolongan untuk menyelesaikan permasalahan keluarga yang tengah dialaminya.

Satgas MEKAR nantinya diharapkan akan ada di setiap gereja lokal GBI diseluruh dunia sebagai satuan tugas yang diperlengkapi dengan baik untuk menangani masalah-masalah keluarga yang terjadi digereja lokal setempat dan dilingkungan sekitarnya.  Nara Hubung untuk pelatihan MEKAR adalah Pdm. Antonius Sitompul. SH, M.Th (081905056192).

9. INSTITUT KELUARGA INDONESIA. Institut Keluarga Indonesia dibentuk oleh Pokja Keluarga Unggul GBI pada tahun 2017 dan telah melakukan proyek pertamanya yakni dengan membuat survei tentang keadaan keluarga para pejabat GBI diseluruh dunia. Survei tersebut dilakukan dengan pengisian kuesioner bersamaan dengan pelaksanaan MD di BPD-BPD dan dan BPLN – BPLN GBI.

10. MENJADI STAKEHOLDER KEGERAKAN AYAH HEBAT. Tahun 2017 Gereja Bethel Indonesia lewat Pokja Keluarga Unggul menjadi stake holder kegerakan “Ayah Hebat” yakni kegerakan tentang peran bapa dalam keluarga dan  masyarakat yang diinisiasi oleh BKKBN, Kemendikbud, Kemensosial, Muhamadiyah, NU, dan lain sebagainya.

Semoga sepuluh hal yang telah diwariskan oleh Pokja Keluarga Unggul GBI periode kepengurusan BPH GBI 2014-2019 dapat memberikan kontribusi bagi terjadinya transformasi keluarga, masyarakat, kota dan bangsa Indonesia. Amin. Pdt Togi Simanjuntak. S.Sos, MA (Sekretaris Pokja Keluarga Unggul GBI).