Berita Bethel
Penulis: Pram (31/07/2019)

Laporan Bedah Rumah Jemaat GBI di Danau Sentani [19 – 23 Juli 2019]

Kegiatan ini terlaksana sebagai bentuk kasih serta rasa kebersamaan dari BPH GBI melalui Biro Pelmas, BPD Jawa Barat, BPD Bekasi, dan BPD Provinsi Papua GBI untuk para jemaat GBI di pinggiran Danau Sentani, Kab. Jayapura – Propinsi Papua yang menjadi korban dari bencana pada bulan maret 2019. Namun belum menerima bantuan sama sekali untuk perbaikan rumah/tempat tinggal yang rusak.

Kegiatan  bedah  rumah  bagi korban  banjir di sekitar danau  Sentani  kali ini disponsori oleh BPH GBI melalui Biro Pelmas, BPD Jawa Barat GBI, BPD Bekasi GBI, dan BPD Provinsi Papua GBI.

Sasaran kegiatan kali ini khusus kepada warga jemaat GBI di pinggiran Danau Sentani yang menjadi korban dari naiknya air danau sentani pada Maret 2019 dan belum menerima bantuan dalam bentuk material sama sekali, baik dari pemerintah, gereja, atau ormas lainnya.

Ada empat jemaat di pinggiran danau sentani yang menerima bantuan dalam bentuk material untuk bedah rumah kali ini. Keempat jemaat itu adalah :1.  GBI Ayapo yang digembalakan oleh Pdm. Hajai Hanuebi, M.Pd. 2.  GBI Alfa Omega Ayapo yang digembalakan oleh Pdm. Uslina Ongge.

3.  GBI Sion Putali yang digembalakan oleh Pdt. Permenas Yom. 4.  GBI Kristus Jaya Obolio yang digembalakan oleh Pdp. Yemima Sokoy.

IV. Kegiatan. Kegiatan dimulai dengan pertemuan di GBI Pondok Pemulihan Sentani pada hari jumat (19/07/2019) antara Biro Pelmas BPH GBI yang diwakili Pdt. Didimus Fingkreuw,  BPD  Provinsi  Papua  GBI  yang  diwakili  Pdt.  Robert  Taime, dan keempat gembala jemaat  GBI yang menerima bantuan material untuk program bedah rumah kali ini.

Selepas dari pertemuan ini, maka dilanjutkan dengan pembelian material yang berupa papan sebanyak 30M3 dan juga balok sebanyak 10 M3 dan juga paku sebanyak  50  Kg  yang  langsung  didistribusikan  oleh  masing-masing  gembala jemaat melalui Dermaga Yahim dan juga Dermaga Khalkote menuju ke masing- masing kampung menggunakan perahu.

Pada hari senin, (22/07/2019) kembali Biro Pelmas BPH  GBI beserta  BPD Provinsi  Papua  GBI  melakukan  kunjungan  di  beberapa  kampung  yang  ada  di Danau Sentani untuk meninjau kembali sejauh mana realisasi dari penggunaan bahan material yang telah diberikan kepada masing-masing jemaat yang telah menerima bantuan ini.

Perjalanan kali ini dimulai dari dermaga Khalkote ke Kampung Ayapo untuk melihat pembangunan jemaat GBI Ayapo yang dilanjutkan dengan mengunjungi Kampung Putali untuk melihat progress dari pengerjaan bedah rumah kali ini. Dan diakhiri dengan mengunjungi beberapa jemaat GBI Alfa Omega Ayapo yang juga menerima bantuan dan sedang dalam tahap pengerjaan bedah rumah.

VI.Penutup. Demikian laporan kegiatan ini dibuat sebagai bentuk rasa tanggung jawab kami terhadap program bedah rumah yang dipercayakan kepada kami. Terima kasih dan kiranya Tuhan Yesus sebagai sumber segala berkat senantiasa memberkati dan melengkapi dalam setiap pelayanan Gereja Bethel Indonesia kedepannya. Salam GBI Mantap.[Pelmas BPH GBI/Lasma].

Foto : Meninjau hasil bedah Rumah Pdt. Permenas Yom, Gembala GBI Sion Putali [kiri atas]. Bantuan Bedah Rumah yang sudah diterima dan dinikmati oleh keluarga Fransisko Mehue [kiri bawah].Pembangunan GBI Ayapo yang rusak parah karena meluapnya air danau  pada Maret 2019 [kanan atas].Pengangkutan Material Ke dua,20 Juli 2019 [kanan bawah].