Berita Bethel
Penulis: Pram (22/08/2019)

Kunjungan Wartawan Pewarna ke Lokasi MPL VI

Yusuf Mujiono selaku Ketua Pewarna Indonesia [Persatuan Wartawan Nasrani Indonesia] dan beberapa anggotanya yang terdiri dari media Kristiani cetak dan online masing-masing yaitu Johan, Junyor, Ronald [tidak ada dalam foto] berkunjung ke lokasi persidangan MPL VI di Hotel Media, Jakarta-Pusat [Kamis, 22/8].

Dalam kunjungan ini, Yusuf Mujiono dan kawan-kawan diterima oleh Pdt. Naftali Untung, MTh selaku Sekretaris II BPH GBI dan Ketua Panitia Diklat Pendeta 2019.

Pdt. Naftali Untung menjelaskan secara ringkas acara persidangan yang berlangsung mulai tanggal 21-23 Agustus 2019 sebagai berikut :  Acara selain ibadah pembukaan, pembukaan acara, dilanjutkan dengan pleno-pleno.

Salah satunya adalah pleno tentang pengesahan TTG [Tata Gereja], pengesahan Majelis Penasehat [sebelumnya Majelis Pertimbangan].

Tercatat anggota MPL BPH GBI sebanyak 132 orang, namun 7 orang anggota ijin. Dari sisi jumlah kehadiran, persidangan mencapai kuorum. BPH GBI mengusulkan nama-nama calon anggota MP dan kemudian dipilih oleh MPL.

MP nantinya akan memberikan nasehat, arahan kepada BPH GBI.Jika ada tambahan dari floor, bisa saja. Namun jumlahnya tetap berjumlah 11 orang saja.

MPL VI adalah MPL terakhir.MPL VI ini akan mensahkan acara Sinode XVI. Setelah Sinode, nanti ada sidang MPL I dari kepengurusan yang baru.

BPH GBI akan mengajukan program kerja, anggaran dan kemudian disahkan oleh MPL. BPD dan BPH memberikan laporan laporan di MPL VI ini.MK [Majelis Ketua] Persidangan ini terdiri dari berbagai unsur masing-masing terdiri dari unsur MP [Majelis Pertimbangan], Pdt. Dr. Pudjo Setoto Abednego, unsur BPH [Pdt. Dr.dr Dwidjo Saputro].

Unsur Daerah terdiri dari Pdt Yohanes Sumiran [Indonesia Bagian Timur], Indonesia Bagian Barat [Pdt. Gede W], Sekum BPH [Pdt. Paul R.Widjaja], Sekretaris MK dan notulen.Hal-hal yang sudah diputuskan di MPL V lalu tidak dibahas lagi di MPL VI ini.

Terdapat empat nama yang bakalan maju di pemilihan Ketua Umum BPH GBI periode mendatang [2019-2023] yaitu Pdt. Dr. Japarlin Marbun, Pdt.Dr. Jacob Nahuway, MA, Pdt. Dr. Rubin Adi Abraham, MTh, Pdt. Dr. Ferry Haurissa, MTh.

MPL VI akan berakhir besok [Jumat,23/8]. Periode berikutnya akan lebih baik. Keputusan MPL VI akan dilaksanakan oleh kepengurusan BPH GBI periode mendatang [2019-2003]. Agenda terakhir adalah laporan Panitia Pelaksana Sinode GBI XVI yang akan melaporkan acara Sinode dan pengesahan susunan acara. Pertemuan kemudian diahkiri dengan ramah-tamah.