Berita Bethel
Penulis: Pram (23/08/2019)

MPL VI Berakhir dan Membangun Gereja yang Sehat

Tepat jam 13.10 WIB, Sidang MPL VI ditutup oleh Pdt. Dr. Japarlin Marbun usai menerima palu persidangan dari MK Persidangan yang dipimpin oleh Pdt. Dr. dr. Dwijo Saputro di Hotel Media, Jakarta-Pusat [Jumat, 23/8, foto kiri atas].

Salah satu hasil persidangan adalah terpilihnya 5 orang MP [Majelis Penasehat] baru periode  2019-2023 masing-masing Pdt. Dr.dr. Dwidjo Saputro, Pdt.Ir. Suyapto Tandyawasesa, MTh, Pdt. Paul R Widjaja, Pdt. Won Maly, Pdt. Andreas Hani, pengesahan tata-tertib persidangan Sinode GBI XVI yang akan digelar di SICC Sentul, Babakanmadang, Kabupaten Bogor [27-30 Agustus 2019].

Setelah penutupan acara persidangan, sesi terakhir adalah ibadah penutupan dan dilayani oleh Pdt. Juan Mogi dengan tema Gereja yang Sehat. Hal itu bisa dicapai bila dipimpin oleh pemimpin yang sehat. Ia membacakan nats Markus 10:42-45. Gereja Sehat bercirikan  : 1. Berapa jumlah orang baru yang datang ?. 2. Berapa orang yang terlibat melayani ?. 3. Berapa orang yang ada di dalam komunitas sel ?.

4. Berapa banyak pemimpin yang kita hasilkan ?. 5. Berapa banyak tidak datang ke gereja saat kita kotbah. 6. Berapa perbandingan usia yang hadir ?. 7. Berapa banyak orang yang membawa perpuluhan ?. 8. Berapa banyak dampak positif yang gereja berikan bagi kota dan bangsa.

Pdt. Juan Mogi [foto kiri bawah] memaparkan cara membangun gereja yang sehat : 1. Kepemimpinan yang relevan.Gembala mengerti kebutuhan jemaat.  2. Kepemimpinan yang mempersiapkan generasi berikutnya.3. Lakukan pendataan jemaat [karakter bagus, kompetensi,kemistri/cocok dengan kita, nilai/kultur].

4. Kita sering bepergian dengan generasi muda sebagai calon penerus. Jeda umur 25 tahun dengan kita adalah jeda yang sehat. 5. Lakukan pelatihan dan pemuridan sebanyak mungkin. Lakukan kegiatan bersama-sama. Doa penutup oleh MP, Pdt. Yorry Tasik [14.05 WIB].

Sebelumnya, Pdt. Ari Mabel [foto kanan atas]menyampaikan Firman Tuhan pada sesi ibadah pagi [08.00 WIB] dengan judul Firman Allah adalah Harta Sepanjang Masa. Ia mengutip nats Matius 6:33.

Usai ibadah, Pdt. Himawan Leenardo [foto kanan bawah] melaporkan persiapan pelaksanaan Sidang Sinode GBI XVI dengan jumlah peserta mencapai 4.364 orang. "Graha Bethel dari semalam sudah penuh dengan para peserta yang akan ikut Sidang Sinode XVI," pungkas Pdt. Himawan.

Agenda acara selanjutnya adalah Diklat Pendeta di kawasan Cisarua, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa-Barat [24-27 Agustus 2019]. Mohon dukungan doa agar acara berlangsung sesuai dengan jadwal, lancar dan Tuhan Yesus melindungi para peserta dengan kesehatan yang prima. GBU dan sukses !.