Berita Bethel
Penulis: Pram (09/09/2019)

Rakornas I DPA GBI

Dalam rangka konsolidasi dan koordinasi pelayanan Departemen Pemuda dan Anak Gereja Bethel Indonesia, maka setelah even Sidang Sinode Gereja Bethel Indonesia XVI, dilanjutkan dengan Rakornas DPA GBI.

Hal ini mengingat peserta Rakornas sebagian besar merupakan Ketua Pengurus Daerah DPA (KPD DPA) yang juga mengikuti persidangan Sinode GBI, sehingga PP DPA mempergunakan kesempatan ini untuk mengadakan Rakornas DPA GBI.Acara digelar di Hotel Safari Garden, Cisarua, Kabupaten Bogor [2 – 4 September 2019].

Rakornas ini merupakan keputusan Rakernas II DPA GBI di Yogyakarta, yaitu : SK 007/K-XV/SK/RAKERNAS II DPA/X/18, tentang pengesahan hasil rapat komisi organisasi pada rapat kerja nasional II DPA GBI, yang memberikan legalitas kepada Pengurus Pusat DPA untuk mengadakan Rapat Koordinasi Pengurus Pusat dan Ketua-ketua Pengurus Daerah satu tahun sekali yang waktunya ditentukan dalam pleno PP.

Acara yang dihadiri dan dibuka langsung oleh Sekretaris I BPH GBI: Pdt. Heru Cahyono, M.Th menyampaikan agar pelayanan DPA terfokus pada pelayanan Generasi dan harus sesuai aturan yang ada yaitu Tata kerja dan Tata Gereja GBI.

Dalam arahannya Ketua Pengurus Pusat DPA GBI: Pdt. Joel Jeffri Manalu, menyampaikan 4 hal tujuan diadakannya Rakornas ini, yaitu:1.Menyatukan Visi dan Misi DPA GBI. 2. Memastikan sistem organisasi PP, PD dan PW berjalan dengan baik. 3. Memastikan setiap program-program terkoordinasi dengan baik. 4. Menemukan solusi atas setiap masalah, atau kendala yang dihadapi dalam pelayanan generasi.Karena itulah dalam Rakornas ini Biro Litbang DPA GBI mengadakan analisa SWOT untuk setiap daerah di seluruh Indonesia.

Setelah mendapatkan data dari setiap daerah maka Pengurus Pusat membagi persoalan dalam 4 kategori yaitu masing-masing Masalah Geografis, Masalah SDM, Masalah Sosial dan Masalah Keuangan, dan kemudian mengajak perserta rakornas untuk berdiskusi dan bersama-sama mencari solusi atas permasalahan yang ada. Dalam Rakornas ini juga diadakan pembekalan untuk semua pengurus yang disebut dengan kaderisasi kepemimpinan. 

Tim Diklat PP DPA GBI membagikan 3 materi yaitu Foto Karakter, Goal Setting dan Management Konflik kepada semua peserta dengan harapan mereka bisa mengajarkan kepada pengurus daerah dan wilayah  masing-masing, sehingga kemampuan dan regenerasi kepemimpinan di pusat, daerah dan wilayah dapat terlaksana dengan baik.

Dari pertemuan ini, kami bersyukur bahwa dalam Rakornas ini dihasilkan rekomendasi-rekomendasi penting yang dihasilkan, untuk pelayanan DPA yang lebih baik dan dahsyat, ungkap sekretaris PP DPA: Pdt. Yusuf Suranta, dalam membacakan hasil rekomendasi Rakornas DPA 2019. Adapun jumlah peserta Rakornas merupakan Ketua-Ketua DPA (KPD-KPD) yang berjumlah 29 KPD dan Pengurus Inti PP DPA GBI. Salam Generasi Dahsyat – Kita Bergerak Kita Berdampak. [Nelson Kolly].