Berita Bethel
Penulis: Pram (23/12/2019)

Natal BPW Kota Sorong - Papua Barat

Badan Pekerja Wilayah(BPW) Kota Sorong melaksanakan Natal bersama [Minggu, 22/12]di GBI Kapenaum.Acara berjalan penuh hikmat dan penuh kebersamaan. Sementara itu, khotbah Natal di sampaikan oleh Sekretaris BPD GBI Sorong Raya Propinsi Papua Barat [Pdt.Dr. Nico Gimon, MTh].

Dalam khotbahnya, ia mengambil tema sentral GBI dalam Lukas pasal 19 yakni respon Zakeus atas kehadiran Yesus dalam hidupnya yaitu :

1. Zakeus merasakan suka cita yang sangat dalam dan belum pernah dia alami meskipun dirinya seorang kaya dan memiliki jabatan sebagai kepala pemungut cukai. Itu artinya harta kekayaan dan jabatan apa pun tak sanggup memberikan suka cita yang penuh jika tanpa kehadiran Yesus dalam hidup kita.

2. Suka cita karena kehadiran Yesus dalam hidup Zakheus mengakibatkan dia memiliki kemurahan hati.  Ia berdiri dan berkata kepada Tuhan setengah dari milikinya akan dia serahkan kepada orang miskin. Dia tidak lagi serakah dan suka memeras hak-hak orang untuk kepentingan pribadinya.

Artinya hanya orang yang  memiliki suka cita karena kehadiran Yesus dalam hidupnya mempunyai sikap murah hati suka menolong, dan membantu serta peduli dengan kesusahan orang lain.

3. Sukacita karena kehadiran Yesus dalam hidup Zakheus membawa efek positif yakni tanggung jawab atas kesalahannya di masa lalu. Zakheus mengaku di hadapan Tuhan Yesus : "Sekiranya ada sesuatu yang kuperas dari seseorang akan ku kembalikan empat kali lipat". Zakeus adalah orang yang berani berbuat dan kemudian ia berani bertanggung-jawab. Bagaimana dengan kita ?.

Lebih lanjut, kesan dan pesan Natal pertama disampaikan oleh Sekretaris III BPH GBI, Pdt. Jauhar Wahyudi, M.Th. Ia mengatakan agar para pejabat GBI Kota Sorong yang hadir dapat meyediakan ruang dalam hati untuk Yesus tinggal dan memimpin hidup kita.


Kesan pesan Natal kedua di sampaikan oleh Ketua BPD Sorong Raya, Pdt. Yavet Tampani, SE. Ia memberikan penguatan terkait moto gereja GBI yakni SEHATI dan mendorong para pejabat untuk tetap semangat dalam menuntaskan Amanat Agung Tuhan Yesus Kristus dari Sukabumi sampai ke ujung bumi.

Acara ini dihadiri  60 -an pejabat GBI di Kota Sorong.Diahkir perayaan Natal ini, semua pejabat menikmati santap malam bersama dengan penuh sukacita dan kegembiraan. [Pdt. Dr. Niko Gimon, MTh - Sekretaris BPD GBI Kota Sorong].