Berita Bethel
Penulis: Pram (05/04/2020)

701.000 Orang Kena PHK Gegara Corona di AS

Angka pengangguran pada bulan Maret 2020 di Amerika-Serikat menyentuh angka 701 ribu orang, seperti dikutip Redaksi dari laman cnnindonesia.com. Penyebab masalah ini adalah serangan virus Corona. Belum lagi termasuk 1,8 juta warga AS yang kena PHK gara-gara sepinya bisnis dan social distancing.

PHK menimpa sektor-sektor restoran dan bar sehingga 417 ribu orang jadi pengangguran. Toko retail melakukan PHK terhadap 46 ribu orang. Selanjutnya akibat penurunan kunjungan rutin ke klinik dokter dan dokter gigi, 43 ribu orang juga kena PHK.

Laman cnnindonesia.com melaporkan juga berbagai sektor diperkirakan terdampak karena situasi ini terutama sektor perhotelan, pariwisata, dan hiburan, dan penerbangan."Pekerjaan kerah putih (formal) juga tidak akan aman dari situasi ini," kata ekonom senior Daniel Zhao di situs karier Glassdoor.

Diperkirakan pada Mei, hampir 10 juta orang AS mengajukan tunjangan pengangguran pertama kali. Pemerintah AS akan menentukan siapa saja yang akan mendapatkan tunjangan pengangguran, termasuk pekerja mandiri dan kontraktor independen. Pemerintah AS juga menyiapkan cek stimulus sebesar US$1.200.[Foto : cnnindonesia.com].