Berita Bethel
Penulis: Pram (25/07/2020)

Gereja BICC Berikan Apresiasi Kepada Pejuang Pemadam Karhutla Riau di HUT Bhayangkara

Dalam rangka HUT Bhayangkara ke-74, Gereja BICC menyampaikan apresiasinya kepada para pejuang pemadam karhutla serta mengadakan bakti sosial. Kegiatan ini diinisiasi oleh GP Ansor Provinsi Riau bersama dengan Gereja BICC [Gereja Bethel Indonesia Cahaya Cinta, Red] Rayon 11 yang beralamat di Jl Tuanku Tambusai. Jumat pagi (10/07).

Pada kesempatan itu ada 2 kegiatan sekaligus yang dilakukan, yaitu kegiatan bakti sosial dengan membagikan 500 paket sembako bagi warga yang berdampak Covid 19 di Kota Pekanbaru dan apresiasi bagi pejuang karhutla.

Acara yang digelar di Posko Relawan Karhutla dan Covid 19 Polda Riau-Purna MTQ Pekanbaru tersebut, dihadiri Wakil Gubernur Riau Brigjen TNI (Purn) H Edy Natar Nasution, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setia Imam Effendi SH SIK MSI, Kasrem 031 WB Kolonel Junaidi, Ketua Kekerabatan Adat Melayu Provinsi Riau-Datuk Sri Al Azhar, Ketua FPK Riau-Fachri Yasin. 

Pimpinan GBICC – Pdt.Ricky Nelson Tampubolon, Kepala BPBD, Ketua PW GP ANSOR – Purwaji, Ketua Manggala Agni, Ketua GAPKI (Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia) Riau, Paguyuban Masyarakat Batak Toba-Hinsatopa Simatupang, Ketua APKASINDO (Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia).

Ketua APHI (Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia), Ketua PSMTI (Paguyuban Sosial Marga Tionghoa), PROJO Prov.Riau, Ketua Pemuda Muhammadiyah, Ketua IKBR (Ikatan Batak Riau), Ikatan Keluarga Minang Provinsi Riau, BANSER Provinsi Riau, NUJEK (Nusantara Ojek) dan masih banyak lagi.

Kegiatan diawali dengan Penyerahan Piagam Penghargaan kepada 170 perwakilan Pejuang Pemadam Karhutla Riau (TNI Polri, Manggala Agni, BPBD, MPA, Relawan Karhutla) oleh Ketua PW GP Ansor Saudara Purwaji dan Ketua GAPKI Hartono.

Di dalam sambutannya, Pdt Ricky Nelson Tampubolon mengajak seluruh hadirin untuk bertepuk tangan sebagai tanda apresiasi kepada para pejuang pemadam Karhutla Riau.Ia mengungkapkan bahwa setiap tahun tadinya Provinsi Riau menjadi langganan asap akibat kebakaran hutan dan hal ini cukup memberikan penderitaan yang besar bagi Provinsi Riau.

“Namun Bapak Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi belum 1 tahun, kita boleh melihat dan merasakan seperti yang sahabat saya sampaikan Bpk. Purwaji sudah sampaikan mengenai inovasi-inovasi yang sudah dilakukan begitu berharga sehingga  kita bisa menikmati langit yang biru dan udara yang bersih di Kota Pekanbaru  karena ada pejuang-pejuang yang sudah ditugaskan oleh Bapak KAPOLDA dan kita boleh bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan waktu ini juga saya ingin menyampaikan selamat kepada Kepolisian Republik Indonesia,” jelasnya.

“Dalam Perayaan HUT Bhayangkara ini dan atas nama umat, khususnya Gereja yang saya pimpin yang ada di seluruh Prov.Riau, bukan saja menyampaikan Apresiasi tapi kami terus mendoakan, mendukung TNI, POLRI dan Muspida yang ada di Prov.Riau untuk tetap melakukan tugasnya dengan baik,” terang Pdt Ricky.

“Kami percaya bahwasanya tugas yang berat ini hanya bisa berjalan jika kita semua bersama-sama ikut mendukung pemerintah kita, TNI, POLRI dan Muspida. Dan izinkan saya menyatakan Terima kasih saya  kepada semua para pejuang KARHUTLA yang sudah melakukan tugas yang begitu luar biasa,” lanjutnya.

Pdt Ricky Nelson Tampubolon juga memberikan pantun di hadapan para hadirin yang hadir. “Penuhi Panggilan di POLDA Riau Mulai mendarat bersama hujan. Hikmat KAPOLDA bersinar Kemilau Berjaya di dalam Kekuasaan Tuhan. Di Lancang Kuning Bintang Bersinar Mahkota Ridho sudah tersedia”.

Dalam keterangannya kepada wartawan, Pdt Ricky mengatakan keterlibatannya sebagai salah satu Inisiator kegiatan ini.“Dalam situasi yang tidak mudah ini maka kita sebagai seorang Rohaniawan adalah wajar tanpa pandang latar belakang, suku dan agama, kita ingin bagaimana memberikan perhatian. Walaupun keadaannya cukup berat, namun kita mau melakukan apa yang bisa kita lakukan.

Dan juga bersama dengan Bapak Kapolda Riau bertepatan dengan HUT ke 74 Bhayangkara, kami turut memberikan Apresiasi sebagai Pemimpin Gereja yang ada di Kota Pekanbaru di berbagai titik di Kota ini dan di seluruh pelosok Riau gereja-gereja di mana kami ada.

Kami merasakan betapa penting dan besarnya peran TNI, POLRI baik itu dalam menjaga keamanan, maupun juga dalam menangani kasus kebakaran hutan dan lahan yang selama ini sudah bertahun-tahun kita alami dan Alhamdulilah kita boleh merasakan hasil-hasil yang diberikan oleh TNI, POLRI dan terutama kepada Bapak KAPOLDA Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Beliau telah menunjukkan kerja kerasnya dimana kita sudah melihat hasil dari kreatifitasnya dengan adanya Aplikasi yang mendukung penanganan Karhutla tersebut,” ungkapnya.

Pdt Ricky menyebutkan sudah sepatutnya memberikan apresiasi dan menyatakan dukungannya, apalagi pada situasi sulit seperti ini Beliau tetap memberikan perhatian kepada masyarakat yang ada di Kota Pekanbaru.

“Memang kalau kita lihat situasi akibat wabah Covid 19 ini kelihatannya kita akan hadapi dalam waktu yang tidak pendek, sebab itu kami mendoakan dan berharap kepada semua masyarakat  agar bisa tetap beraktivitas, berkarya dan tetap produktif, tetapi juga tetap harus mengikuti Protokol kesehatan yang sangat berguna baik bagi kita juga bagi kesehatan orang lain juga.

Dengan mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, saya juga berkeyakinan jika Iman kuat, Imun kuat, Disiplin yang kuat dalam menjaga kesehatan kita, saya percaya perlindungan Tuhan menyertai kita semuanya sehingga kita semua tetap Produktif,” paparnya.

“Saya berdoa bagi Pekanbaru, Riau  perekonomiannya tetap menggeliat, tetap berbuah dan warganya tetap sejahtera,” tutup Pimpinan Gereja BICC Pekanbaru itu.

Acara ditutup dengan pelepasan bersama bagi tim NUJEK yang mengantarkan bantuan 500 paket sembako yang akan diantar ke warga terdampak covid-19. [Sumber : www.japos.co].