Berita Bethel
Penulis: Pram (13/08/2020)

Sekolah Online Selama Pandemi Bikin Anak Sulit Fokus ? Ini 7 Tips Membantunya Moms

Pada masa pandemi COVID-19 ini semua sekolah dipaksa harus tutup untuk mencegah penyebaran virus kepada anak-anak yang masuk ke kategori rentan. Kondisi ini berdampak para siswa harus melakukan pembelajaran secara online.Sebaliknya, pembelajaran secara daring pun tidak selalu mudah. Selain berdampak pada siswa, ini juga jadi tantangan tersendiri bagi para orang tua. Orang tua harus bisa memastikan anak tetap fokus dan bisa belajar dengan maksimal. 

Inilah 7 tips bantu anak fokus saat sekolah online. Jika Moms punya anak yang kesulitan tetap fokus pada pembelajaran online, jangan panik dulu. Ada beberapa tips sederhana yang bisa Moms lakukan di rumah. Berikut beberapa di antaranya: 

1. Membuat to-do list. Memiliki banyak pelajaran dan pekerjaan rumah alias PR bisa membuat anak-anak kewalahan. Moms bisa membantu anak fokus dengan membuat to-do list bersama-sama.Dengan melakukan pekerjaan satu per satu, maka anak akan belajar untuk fokus pada satu hal pada satu waktu. Moms bisa ajak membuat daftar to-do list harian dan juga mingguan.Kemudian biarkan dia mencoret setiap tugas saat dia menyelesaikannya. 

2. Buat area khusus belajar. Ruang belajar yang tidak teratur dapat menjadi penyebab utama gangguan bagi anak. Jadi sebaiknya siapkan satu area khusus di rumah yang bisa digunakan untuk anak belajar.Ruang ini harus bersih dari kekacauan dan hanya mencakup barang-barang yang dia butuhkan untuk sesi belajar itu. Seperti buku teks pelajaran, buku catatan, alat tulis belajar, dan perlengkapan untuk mencatat. 

Selain itu, catatan yang teratur sama pentingnya dengan ruang belajar yang terorganisir. Bantu anak mengatur catatannya agar mudah ditemukan. Seperti dengan penggunaan sticky notes atau folder dengan kode warna untuk setiap mata pelajaran. 

3. Kurangi gangguan. Fokus anak-anak umumnya sangat mudah terganggu atau ter-distract. Maka dari itu Moms harus pastikan untuk menghilangkan semua hal yang bisa mengganggu fokus anak.Seperti TV yang menyala, notifikasi HP di luar kepentingan sekolah, mainan anak, konsol game, dan lain-lain.Jauhkan hal-hal yang bisa mengganggu dari jangkauan anak selama anak mengikuti kelas online dan saat mereka mengerjakan PR. 

4. Atur waktu belajar dan istirahat. Moms harus bisa membantu anak konsisten dengan jadwal mereka. Baik jadwal sekolah online, jadwal mengerjakan PR, dan juga jadwal istirahat.Melakukan tugas sekolah selama berjam-jam tanpa istirahat dapat dengan cepat membuat fokus anak menjadi nol. Berikan waktu anak beristirahat. Berikan kesempatan untuk meluangkan energi ekstra, dan membantu menghindari menjadi frustrasi atau kewalahan. 

Pastikan juga mereka istirahat cukup pada malam hari. Tidur yang nyenyak akan membantu memberi pikiran anak kesempatan untuk menyerap segala sesuatu dari hari itu dan memulihkan tenaga untuk esok hari. 

5. Jangan lupa bergerak!. Anak-anak perlu sering menggerakkan tubuh sepanjang hari. Berikan waktu untuk berolahraga sebelum anak diharapkan untuk fokus pada tugas pembelajaran jarak jauh.Beberapa anak dapat lebih fokus pada tugas saat berdiri. Pertimbangkan untuk meletakkan komputer atau tablet di atas permukaan yang ditinggikan sehingga anak dapat berdiri. 

6. Tentukan jenis aktivitas apa yang paling cocok untuk anak. Apa sih jenis aktivitas pembelajaran jarak jauh yang lebih disukai anak daripada yang lain? Misalnya, apakah anak bekerja lebih baik dengan aktivitas sinkron di mana mereka merespons instruktur langsung, atau duduk satu lawan satu dengan Moms ?. Platform pembelajaran apa yang tampaknya lebih melibatkan anak daripada yang lain? Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini dapat bermanfaat bagi Moms dan guru untuk membantu merencanakan pengalaman belajar yang paling cocok untuk anak. 

7. Pahami ekspektasi pembelajaran jarak jauh. Terakhir, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan guru soal metode pembelajaran yang cocok untuk anak Moms. Apalagi jika anak Moms masih di masa awal sekolah.Berapa banyak waktu yang harus dihabiskan siswa secara online untuk tujuan pembelajaran?. 

Ada pertimbangan batasan screen time untuk semua siswa, dan biasanya siswa yang lebih tua dapat fokus dalam waktu yang lebih lama daripada siswa yang lebih muda.Guru atau sekolah anak Moms harus memberikan beberapa panduan tentang apa yang masuk akal. Untuk anak-anak kecil, interaksi dan bermain sangat berharga untuk pembelajaran.[Sumber artikel : gooddoctor.co.id/Foto : Istimewa].