Berita Bethel
Penulis: Pram (19/05/2015)

DPA Jakarta : Sahabat KPA "The Power of Community"


Kegiatan DPA DKI Jakarta ini digelar khusus untuk para pemimpin KPA. Para peserta terdiri dari Ketua KPA, Ketua ABI, Ketua RBI, Ketua PBI dan Ketua DMBI di Jakarta dan bertempat di GBI Sungai Yordan Komplek Roxi Mas, Jakarta-Pusat (Sabtu, 18/4). Para nara sumber yaitu Pdt. Timotius Tan,MA (Ketua PP DPA BPH GBI), Pdp. Salmon Hutasoit (Gembala Sidang GBI Rock Mall FX Senayan, Jakarta-Selatan) dan Pdm. Vanny Paendong, M.PdK (Ketua PD DPA GBI DKI Jakarta). Tema acara ini ialah peran serta sebuah Komunitas “The Power Of Community”.



Acara yang dikemas dengan menarik ini, membuat peserta mendapatkan sesuatu yang baru dalam setiap sesinya. Tepat pada pukul 08.45 WIB acara dimulai dengan Pujian Penyembahan yang dipimpin Pdp. Adlin Sirait, S.Pdk dan Tim Musik dari Youth GBI setempat. Doa pembukaan oleh Pdt. Rusti (Ketua Perwil GBI Jakarta Pusat). Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pembekalan sesi pertama dengan nara sumber Pdp. Salmon Hutasoit dan moderator Pdp. Roy Solisa (Ketua PW DPA GBI Jakarta Selatan). Judul sesi ini ialah “Komunitas ato Nongkrong”.



Dalam paparannya, beliau mengungkapkan Komunitas itu berbeda dengan nongkrong. Pelayanan generasi muda di gereja Tuhan harus bisa membedakan hal ini, agar tidak terjebak dengan perkumpulan-perkumpulan yang sepertinya tidak jauh beda dengan nongkrong. Perbedaan yang jelas antara Komunitas dengan Nongkrong yaitu di dalam Komunitas harus ada penyampaian nilai-nilai kebenaran pemberitaan Injil. Sebaliknya, nongkrong hanya menghabiskan waktu ngobrol sana-sini tidak ada arah tujuan, bahkan cenderung membawa kepada hal negatif.



Sesi kedua dipimpin moderator Pdm. Handrie Goenarto, S.Kom (Ketua PW DPA GBI Jakarta Barat) dan nara sumber yaitu Pdt. Timotius Tan, MA dengan judul “Komunitas yang Maksimal”. Pada sesi ini pembicara membagikan Visi dan Misi Pengurus Pusat DPA BPH GBI sebagai cara yang efektif untuk menjadi Komunitas yang maksimal. Caranya ialah menempatkan generasi muda GBI tepat pada panggilannya masing-masing.



Karena itu DPA memiliki program Get Camp, suatu program yang memperlengkapi generasi muda GBI untuk menjadi seorang pemimpin-pemimpin yang akan menduduki 7 bidang Kehidupan. 7 bidang kehidupan terdiri dari Pertama : Art, Media, Sport. Kedua: Bussines. Ketiga : Church. Keempat : Development of The Poor. Kelima : Education. Keenam : Family. Ketujuh : Government. Motto Get Camp adalah Generation’s of Transfromer, menjadi Generasi Pengubah.



Selanjutnya sesi terakhir ditutup Pdm. Vanny Paendong, M.PdK (Ketua PD DPA GBI DKI Jakarta). Ia menyampaikan seputar pergerakan Komunitas yang sudah ada dan terus dikembangkan DPA GBI DKI Jakarta. Beberapa komunitas itu seperti Yobel Fellowship, Sahabat KPA, Show Your Talent, Get Camp dan Pemuridan Modul GI.Acara diakhiri doa penutup oleh Pdt. Timotius Tan,MA. Bro Reza, Ketua PW DPA GBI Jakarta Pusat selaku Ketua Panitia Sahabat KPA bersyukur kepada Tuhan karena acara dapat berjalan baik, dan cuaca, melengkapi suka-cita 60 peserta (18 KPA). (DPA GBI DKI Jakarta-Eunike/Editor : Prambudi)