Berita Bethel
Penulis: Pram (23/12/2020)

Immanuel, Allah yang Menyertai dan Bersama-sama Kita

Nats : Matius 28:17-20.  Menurut penanggalan bangsa tertentu, ada tafsiran dan ramalan akan apa yang terjadi di tahun depan [2021, Red]. Banyak yang meramal akan ada keberuntungan di tahun depan, tapi tidak sedikit juga yang meramal akan ada banyak kesulitan. 

Jika kita mau jujur maka kita bisa menyimpulkan apa yang terjadi akhir-akhir ini di berbagai belahan dunia, maka kita percaya bahwa keadaan kelihatan tidak semakin baik, malahan semakin memburuk. Hal ini pun terjadi di negara ini. Situasi politik, ekonomi gelobal yang lesu, menambah keyakinan banyak orang bahwa tahun depan [2021,Red] semakin sulit. Lalu apakah berita ini membuat orang-orang percaya menjadi pesimis ?. 

Ketika kita membaca ayat di atas, maka kata “seluruh kuasa” dalam bahasa aslinya dipakai kata exousia, menurut kamus Strong artinya privilege, capacity, power, strength, authority. Jadi seluruh kuasa, kekuatan dan otoritas di seluruh jagad raya baik di sorga maupun di bumi, atau di seluruh tempat yang dapat di sebutkan dalam ciptaan Allah, berada dalam kekuasaan dan hak dari Tuhan Yesus. 

Ini mau memberitahukan kepada kita bahwa di sorga dan di bumi tidak ada suatu kekuatan yang setara yang dapat menandingi kekuatan dari Tuhan Yesus. Bukankah hal ini sangat luar biasa. Dengan kata lain Tuhanlah yang mengontrol dunia ini. Bukan bangsa-bangsa dengan segala sistemnya yang mengendalikan dunia, bukan juga iblis dengan segala pengaruhnya. 

Walaupun begitu besar pengaruh krisis ekonomi global yang sedang melanda dunia, hal ini tidak dapat mempengaruhi kekuatan Tuhan sebagai pemegang kendali dari sejarah manusia. Walaupun suhu politik bangsa-bangsa di dunia sedang bergolak, termasuk yang terjadi di dalam negeri, mari kita ingat janji Tuhan Yesus sesuai dengan nats “Yesus mendekati mereka, dan berkata, “Seluruh kuasa di surga dan di bumi sudah diserahkan kepada-Ku” (Matius 28:18). 

Memang benar, situasi dunia seakan-akan sulit untuk dikendalikan, tapi ingat semuanya tidak pernah di luar kendali dari Tuhan Yesus.Sejarah Alkitab mencatat bahwa para penguasa bangsa-bangsa telah runtuh, mulai dari Firaun di Mesir, Babil, Media Persia, Yunani, Romawi.

Sampai sekarang tidak ada satu bangsa yang menguasai dunia, tidak Amerika, tidak Rusia, tidak Cina, sebab Alkitab telah berkata bahwa Tuhanlah yang yang menggoncang dunia (Ibr. 12:26,27) dari dulu sampai akhir zaman supaya nyata hanya Kerajaan-Nya saja yang tetap kokoh. Mengapa ?, karena Yesuslah penguasa otoritas tertinggi yang memegang kendali.

Memasuki tahun baru, masih penuh dengan misteri, karena tidak ada seorangpun yang tahu apa yang sebenarnya akan terjadi. Tapi Tuhan Yesus sang Allah yang Immanuel adalah pribadi yang berkuasa atas masa depan, Dialah yang akan menyertai Anda dan keluarga Anda.

Yakinlah dan milikilah optimisme untuk meraih masa depan Anda, bukan karena pengalaman dan kepintaran atau bahkan kekayaan Anda, tetapi karena Tuhan Yesus Allah yang memilki otoritas tertinggi di jagad raya ini menyertai Anda.

Bagaimana dengan keadaan Anda saat ini ?. Apakah keyakinan Anda sedang goyah ketika menghadapi masa depan ?. Waktunya untuk kembali percaya akan pemeliharaan Allah yang sempurna.Penyertaan Tuhan tidak dibatasi waktu dan tempat. [Sumber : R.A.B - Pdt. John Max Titaley, M.Th].