Berita Bethel
Penulis: Pram (03/02/2021)

SMD I BPD Kepri Lancar & Sukses

Puji Tuhan, hari yang sudah ditunggu setahun, akhirnya tiba. Sidang Majelis Daerah - I Umum Tahun 2021, Badan Pekerja Daerah Kepulauan Riau Gereja Bethel Indonesia dapat terlaksana.Lokasi persidangan bertempat di GBI Alfa Omega, Baloi, Batam [2-3 Februari 2021]. 

“Harap-harap cemas” demikian pandangan panitia mempersiapkan persidangan karena dilaksanakan di masa Pandemi. Rapat-rapat persiapan yang dilaksanakan virtual, bertemu tatap muka hanya pada saat finalisasi, ijin kepolisian, ijin gugus tugas kota, simulasi protokol kesehatan hingga mempersiapkan infrastruktur persidangan.

Rasa cemas diawal pada akhirnya terhiburkan karena Gembala dan Pejabat tetap antusias mengikuti persidangan, tampak dari keikutsertaan para pejabat, baik onsite maupun online, meskipun dibatasi dengan aturan sesuai dengan protokol kesehatan.

Persidangan kali ini terbilang unik karena pada hari pertama, pelaksanaan Sidang MD dari Ibadah Pembukaan sampai Pleno pertama dan pengesahan dan ujian para pejabat dilaksanakan dalam waktu 3 (tiga) jam, Ibadah dimulai pukul 09:00 WIB dan selesai pukul 12:15 WIB siang.

Dalam sambutan Ketum BPH GBI [Pdt. Dr. Rubin Adi Abraham, MTh] disajikan dalam bentuk video rekaman mengatakan Tema SMD ini adalah Sehati Menuntaskan Amanat Agung, sesuai dengan perintah Tuhan Yesus dalam Matius 28:19-20, dengan sub tema adalah Membangun Karakter Ilahi untuk Misi Kerajaan Allah.  Diharapkan seluruh pejabat GBI dapat memiliki karakter seperti Kristus yang nampak dalam pikiran, perkataan dan perbuatan. Dengan demikian melalui kehidupan dan pelayanan para pejabat GBI misi Kerajaan Allah dapat dilakukan.

Pdt. Dr. Rubin Adi Abraham, MTh mengatakan walaupun pandemi Covid-19 masih ada namun tidak boleh menghalangi GBI dalam berkarya, antara lain untuk menanam gereja baru dan memuridkan orang percaya, serta melakukan pelayanan holistik.

Doa kita bersama pandemi Covid-19 ini dapat segera diatasi sehingga kita selalu dalam keadaan sehat. Kita juga harus mendukung usaha Pemerintah untuk menanggulangi krisis kesehatan dan krisis ekonomi yang sedang terjadi sehingga gereja dapat menjadi garam dan terang bagi lingkungannya.

“Hari kedua, BPD GBI melaksanakan SMD, masing-masing di Surabaya dan kemudian Kepulauan Riau, dan untuk pelaksanaan SMD berdurasi 3 (tiga) jam di Kepulauan Riau ini kiranya dapat menjadi contoh bagi daerah lain”, sahut Pdt. Heru Cahyono dalam sambutan sekaligus pembukaan Sidang Majelis Daerah - I Umum Kepulauan Riau. 

“Kesempurnaan milik Allah, kami mengupayakan sebaik-baiknya yang bisa kami lakukan untuk mempersiapkan Persidangan di masa Pandemi, tentu ada kekurangan disana-sini, kami berharap setiap kita dapat memakluminya dan memaafkannya”, demikian Ketua Panitia menutup laporan. 

Sebelum Pleno pertama dimulai, persidangan dikejutkan dengan informasi dipanggilnya tokoh dan pahlawan iman GBI, yang terkasih Pdt. DR. Jacob Nahuway, MA. Pada kesempatan ini seluruh peserta sidang mengambil waktu untuk berdoa bagi keluarga besar om Jacob, kiranya Tuhan Yesus memberikan kekuatan dan penghiburan.

Pada kesempatan ini, sekitar 132 orang calon Pdp, dan 77 orang Pdp naik jenjang ke Pdm disahkan dan akan dilantik esok hari (3 Februari 2021). Mereka telah selesai mengikuti serangkaian seleksi dan diklat pada bulan November2020.  

Pelaksanaan ujian pun diselenggarakan secara online, buku acara menggunakan pdf file, materi-materi lainnya hingga laporan pun disajikan dalam bentuk soft copy [paperless], kecuali beberapa kebutuhan materi untuk meja Majelis Ketua.

Yang tidak kalah pentingnya dalam SMD ini adalah sosialisasi perubahan Tata Gereja dan Program-program untuk tahun 2021, kiranya semua yang telah di doakan, dipersiapkan dapat terselenggara dengan baik dan Nama Tuhan Yesus dipermuliakan melalui GBI. [Penulis : Pdt. George Rudi Pasaribu].