Berita Bethel
Penulis: Pram (03/02/2021)

Selamat Jalan Ke Surga Om Jacob Nahuway

Lahir pada tanggal 25 Februari 1947 dan berpulang ke Rumah Bapa di Surga pada tanggal 02 Februari 2021, hamba Tuhan yang rendah hati, ramah yakni Pdt. Almarhum Dr. Jacob Nahuway, MA. 

Berbagai jabatan pelayanan diemban Almarhum baik di Sinode GBI [mantan Ketua Umum BPH GBI] dan MP BPH GBI, Ketua PGPI serta organisasi pelayanan lainnya.

Almarhum juga adalah Gembala di GBI Mawar Saron, Kelapa Gading, Jakarta Utara.Ibadah penghiburan diadakan di GBI Mawar Saron dilayani oleh BPD GBI DKI Jakarta. Firman dilayani oleh Pdt.Kiky Tjahjadi M.Th [Selasa, 2 Februari 2021, jam 19.00 WIB].

Ibadah pelepasan jenazah sambutan oleh Sekum BPH GBI, Pdt. dr. Josafat Mesach. M.Th, sedangkan Firman dilayani oleh ketua MP GBI, Pdt. Dr. Pudjo S. Abednego [Rabu, 3 Februari 2021, jam 11.00 Wib]. 

Siang hari, Rabu, 3 Februari 2021 jam 15.00 Wib, ibadah pemakaman di Sandiego Hills, Firman dilayani Ketua Umum BPH GBI, Pdt. Dr. Rubin Adi Abraham [foto kiri]. Sementara itu, Pdt. Himawan Leenardo [Bendahara Umum BPH GBI] menutup dalam doa usai Firman Tuhan [foto kanan].

Dalam khotbahnya berjudul : Bagiku Hidup Adalah Kristus, yang terambil dari Filipi 1: 20-22a, Ketum BPH GBI menegaskan bahwa kematian adalah suatu kepastian. Namun fokus orang percaya bukan pada kapan kematian itu tiba, tetapi bagaimana melalui hidup dan mati kita, nama Tuhan dipermuliakan.

Dua poin utama disampaikan Ketum BPH terkait dengan nats di atas yaitu : 1. Hidup mengenal Kristus. Banyak penemuan yang hebat di dunia tapi hal terbesar yang kita temukan adalah: Tuhan Yesus mengasihi saya. Filipi 3:10, kata mengenal [ginoskein] bukan hanya tahu saja, tetapi mengenal, intim. Sehingga orang percaya bisa mengenal dan memperkenalkan Kristus [kepada orang lain], inilah yang disebut dengan keuntungan.

2.Hidup berbuah bagi Kristus. Almarhum Om Jacob Nahuway adalah pribadi yang setia melayani dan memberikan inspirasi bagi banyak orang. Beberapa kesan mendalam yang ada dalam hati Pdt. Dr. Rubin Adi Abraham, MTh berkaitan dengan pribadi Pdt. Jacob Nahuway :

1. Anak desa bisa jadi orang yang dipakai Tuhan luar biasa  (nobody become somebody, from zero to hero) bila kita mengandalkan Tuhan.2. Pdt. Jacob Nahuway itu visioner dan ulet. Beliau punya visi mendirikan gereja besar, yang melalui pergumulan puluhan tahun akhirnya terwujud !.

3. Pdt. Jacob Nahuway adalah seorang orator yang hebat, dengan  gaya humoris, murah senyum, disukai banyak orang ketika memberitakan Firman Tuhan. Beliau juga pernah menjadi dosen Misi dan Pertumbuhan Gereja, ketika Pdt. Rubin kuliah di Seminari Bethel.

4. Pdt. Jacob Nahuway adalah pribadi yang punya prinsip. Beliau berani menyatakan apa yang dianggapnya benar, walaupun tidak semua orang setuju pendapatnya. Namun bila diberi penjelasan yang logis dan lemah lembut, beliau juga bisa menerima masukan orang lain.

5. Pdt. Jacob Nahuway adalah pemimpin berhati gembala. Beliau bisa bergaul dengan pejabat tinggi, namun juga dengan orang sederhana.Almarhum wafat dengan iman yang teguh, dan menyelesaikan tugas pelayanannya dengan baik [finishing well].

Kini almarhum telah beristirahat dari segala jerih lelahnya, dan perbuatan imannya menyertai dia. Ada pahala: mahkota kemuliaan yang tidak akan layu [I Petrus 5:4]. Beliau juga telah memberikan warisan rohani [legacy] yang perlu diteladani banyak orang. Nats Wahyu 14:13 menjadi penutup kotbah Ketum BPH GBI.