Berita Bethel
Penulis: Pram (28/02/2021)

Mengapa Ada Bencana Penyakit di Bumi ?

Bencana berupa macam-macam kejadian dan bentuk. Bencana bisa berupa alam, bencana kemanusiaan, bencana penyakit dan lain sebagainya.  Bencana penyakit menurut pandangan Pdt. Dr. Gernaida Pantan terdiri dari dua hal. Pertama,  bencana penyakit yang diijinkan Tuhan. Kedua, bencana penyakit yang diijinkan oleh iblis sebagai akibat dosa.

Mengutip dari kisah nyata di Alkitab, nara sumber menjabarkan beberapa contoh penyakit yang diijinkan Allah antara lain tulah di Mesir, penyakit sampar [Kejadian 9:8-12], kejahatan Daud & Betsyeba [2 Samuel 12:15], Herodes terkejut dan mati seketika [KIS 12:23].  

Sebaliknya, iblis mengakibatkan penyakit antara lain borok-borok pada diri Ayub [Ayub 2:6-7,12], Yesus Kristus menyembuhkan orang yang diserang oleh roh jahat [Lukas 9:39], Yesus menyembuhkan seorang pemuda di Gerasa [Markus 5:1-20], Yesus menyembuhkan seorang wanita yang selama 18 tahun diikat iblis [Lukas 13:16].

Ada juga penyakit sebagai akibat dosa, pelanggaran Firman Tuhan [Imamat 26:14-16]. Alkitab mencatat fakta-fakta antara lain dosa penyembahan berhala Yoram. Efeknya adalah tulah menimpa keluarganya, dan rakyatnya [2 Tawarikh 21:12-15], pemberontakan Harun dan Miryam terhadap kepemimpinan Musa dan mendatangkan penyakit kusta [2 Tawarikh 26:19].

Lebih lanjut, nara sumber menambahkan bahwa penyakit sampar adalah hukuman Allah buat pelanggar Firman-Nya. Ia melisting antara lain hasil penyembahan lembu emas [Keluaran 32:34-35], penyembahan Baal Peor [Bilangan 25:8], cacah jiwa [sensus] oleh Daud [2 Samuel 24:15], mematikan teruna-teruna di suatu kota [Yeremia 21:6,9]. 

Artikel di atas adalah bagian dari Web binar dengan tema Memaknai Bencana dari Perspektif Alkitab. Acara ini dilaksanakan secara online oleh PP WBI GBI dengan menghadirkan nara sumber yakni Pdt. Dr. Gernaida Pantan.[Foto : Ilustrasi].