Berita Bethel
Penulis: Pram (30/03/2021)

Pdt. Jauhar Wahyudi, MTh Buka SMD Jateng & DIY

Sidang Majelis Daerah Badan Pekerja Daerah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta Gereja Bethel Indonesia telah berlangsung dengan lancar dan kondusif pada hari Selasa dan Rabu tanggal 23-24 Maret 2021 bertempat di GBI  Gajah Mada Semarang.Acara ini dibuka oleh Pdt. Jauhar Wahyudi, Sekretaris III BPH GBI dengan melakukan pemukulan gong.  

Sebelumnya, persidangan diawali dengan ibadah pembukaan yang dibuka dengan doa pembukaan oleh Pdt.Simson Wiwi,M.Th (Wakil Ketua BPD) dilanjutkan memuji Tuhan bersama yang dipimpin oleh dipimpin oleh Pdm. Panangian Aritonang dari GBI Gajah Mada dilanjutkan dengan mendengarkan rekaman Firman Tuhan yang disampaikan oleh Pdt. Dr. Rubin Adi Abraham (Ketua Umum BPH GBI).  Ibadah pembukaan ditutup dengan doa oleh Pdt. Yohan Kisnanto,M.Th (anggota MPL).

Acara dilanjutkan dengan Opening Ceremony yang dipandu oleh Evelyn Valentina Senewe dengan mengajak peserta untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hyme GBI yang dipimpin oleh Conductor Pdm.Destriana Samarena,M.Th.  Dilanjutkan dengan pembacaan Pengakuan Iman yang dipimpin oleh Pdt.Daniel Pujarsono,M.Si (Ketua Perwil GBI Yogyakarta) dan diteruskan dengan acara in memoriam yang oleh Pdt.Christ Yehuda (Ketua Perwil Surakarta). 

Sebelum acara berakhir, semua peserta mendengarkan sambutan yaitu sambutan Ketua Panitia (Pdt.Andreas Budi Utomo,M.Th), sambutan Ketua BPD Jawa Tengah dan DIY (Pdt.Gideon Rusli,M.Th) dan rekaman sambutan Ketua BPH GBI yang diwakili oleh Sekum BPH GBI (Pdt.dr.Josafat Mesach,M.Th). Setelah rangkaian acara Opening Ceremony selesai, acara diskors untuk menikmati snak.

Selanjutnya, Pleno I yang dipimpin oleh Ketua BPD Jawa Tengah dan DIY didampingi Wakil Ketua, Sekretaris dan Bendahara.  Acara meliputi pernyataan quorum peserta dimana dinyatakan bahwa Sidang Majelis Daerah BPD Jawa Tengah dan DIY dinyatakan quorum dan sah sehingga dapat dilanjutkan karena dihadiri oleh 82,6 % pejabat GBI yang terdiri dari Pdt, Pdm dan Pdp.

Sidang Majelis Daerah ini dihadiri utusan BPH, Pengurus BPD dan semua pejabat yang hadir onsite di pusat persidangan dengan melakukan protokol kesehatan. Sementara itu, para hamba Tuhan GBI lainnya mengikuti persidangan di beberapa titik kumpul Perwil GBI, gereja-gereja lokal GBI dan rumah-rumah masing-masing secara online.

Acara selanjutnya adalah pengesahan Sidang Majelis Daerah secara hybrid yang disetujui oleh semua peserta. Selanjutnya pengesahan agenda acara dan Tata Tertib persidangan yang kedua acara inipun juga disetujui oleh semua peserta.  Dilanjutkan dengan pemilihan Majelis Ketua yang terdiri dari Pdt.Jauhar Wahyudi (unsur BPH) , Pdt.Tonny Subiantono,M.Th (unsur BPD) dan Pdt.Ruben Sunarto,S.Th (perwakilan peserta), usulan Majelis Ketua ini disetujui juga oleh semua peserta. 

Setelah Majelis Ketua terbentuk maka dilakukan penyerahan palu persidangan dari Pengurus BPD kepada Majelis Ketua, dan acara dilanjutkan dengan Laporan Kerja Ketua BPD Jawa Tengah dan DIY, Laporan Keuangan BPD serta perkenalan dan pengesahan calon-calon Pdp dan Pdm. Semua yang dilaporkan telah diterima dan disetujui oleh peserta persidangan. Acara ditutup dengan agenda makan siang.

Setelah makan siang acara Sidang Majelis Daerah dilanjutkan dengan dua acara pembinaan yaitu Pembinaan I adalah mendengarkan rekaman Sosialisasi Perubahan Tata Gereja yang disampaikan oleh Pdt. Dr.Heru Cahyono,M.Th dan Pembinaan II mendengarkan rekaman tentang Church Planting yang disampaikan oleh Pdt.Dr. F. Irwan Widjaja (Ketua Departemen Penanaman Gereja dan Suku Terabaikan). Dengan berakhirnya kedua pembinaan tersebut di atas maka berakhir pula Sidang Majelis Daerah di hari pertama, 23 Maret 2021.[Pdt. Andreas Sese Sunarko].