Berita Bethel
Penulis: Pram (15/06/2021)

Sidang MD Umum I BPD GBI Kal-Tim Sukses

Sidang MD Gembala 2020 BPD GBI Kalimantan Timur yang tidak bisa dilaksanakan karena pandemi Covid 19, Puji Tuhan akhirnya bisa dilaksanakan dan menjadi Sidang MD Umum 1 BPD GBI Kaltim 2021. Pelaksanaan SMD dilakukan secara hybrid dengan lokasi onsite di Bethel Palace GBI Keluarga Imamat Rajani Bontang pada tanggal 21-22 April 2021. 

Ibadah Pembukaan SMD berlangsung khidmat dengan menyaksikan tayangan video khotbah dari Ketua Umum BPH GBI Pdt. Dr. Rubin Adi Abraham. Setelah beberapa sambutan, Pembukaan SMD secara resmi ditandai dengan penekanan sirene oleh Sekretaris 2 BPH yang hadir secara onsite Pdt. Naftali Untung, M.Th dengan didampingi oleh Ketua BPD GBI Kaltim Pdt. Dr, Samuel Irwan Santoso, anggota MPL Kaltim Pdt. Philifus Tobiyang, S.Th, Wakil Ketua 2 Pdt. E. James Maneking, M.Th dan ketua Panitia SMD Pdt. Mikha Haba Rihi.   

Dalam pleno I setelah pembacaan Surat Keputusan penyelenggaraan SMD secara virtual oleh Sekretaris BPD GBI Kaltim Pdt. Irail Bigael, S.H., M.Th, Ketua BPD selaku pimpinan sementara mengesahkan quorum persidangan yang diikuti 89.7 %  dari total pejabat GBI Kaltim dengan rincian kehadiran 29 orang secara onsite, selebihnya via online dan sejumlah pejabat hadir di titik kumpul yang meliputi Wilayah Balikpapan, Samarinda, Kubar 1, Kubar 2 dan Kutai Kartanegara. 

Setelah penetapan agenda dan tata tertib persidangan, peserta SMD memilih pimpinan persidangan yang terdiri dari utusan BPH Pdt. Naftali Untung, M.Th bertindak selaku ketua Majelis Persidangan, Pdt. Bastian Remi Sigarlaki, M.Th perwakilan BPD sebagai anggota dan Pdt. Abraham Moligay, S.PAK perwakilan peserta sebagai anggota, ditetapkan juga Pdp. Simson Raguni dan Pdp J. Andreas Rasubala sebagai notulis. 

Setelah penyerahan palu, selanjutnya Sidang MD Umum I BPD GBI Kaltim dipimpin oleh Majelis Persidangan yang dibawah komando Pdt. Naftali Untung, M.Th sebagai Ketua. 

Oleh kasih dan anugrah Tuhan, rangkaian persidangan berjalan dengan aman, tertib dan lancar dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan baik peserta yang hadir secara langsung di Bontang maupun peserta yang mengikuti sidang melalui zoom meting di semua titik kumpul. Pleno I di tutup dengan seluruh peserta menerima dengan baik Laporan Kerja dan juga Laporan Keuangan BPD GBI Kaltim periode waktu September 2019 – Maret 2021. 

Kegiatan pembinaan SMD Umum I BPD GBI Kaltim diisi dengan sosialisasi dari Departemen Misi Transformasi Kreatif  (Demitrak) melalui video. Juga sesi Strategi Penanaman Gereja yang disampaikan langsung melalui video oleh ketua Departemen Misi Penanaman Gereja dan Suku Terabaikan Pdt. Dr. F. Irwan Widjaja. Hadir juga melalui zoom meeting Bendahara Umum BPH Pdt. Himawan Leonardo membawakan materi Mentalitas Penuai ditengah Krisis yang memberkati peserta. 

Rapat Komisi yang membahas Program dan Anggaran di Komisi I dipimpin langsung oleh Pdt.  Samuel Irwan di ruang utama diikuti oleh Bendahara, semua ketua Bidang BPD dan juga perwakilan peserta dilaksanakan secara live melalui zoom meeting di Breaking Room 1. 

Demikian juga Komisi 2 Organisasi yang salah satunya membahas draft perubahan tata gereja dipimpin oleh Pdt. Irail Bigael di ruang studio diikuti seluruh Ketua Perwil dan peserta lainnya secara live melalui zoom meeting di Breaking Room 2 dengan Pdt. Naftali Untung sebagai perwakilan BPH bertindak sebagai nara sumber. 

Pada Pleno terakhir dilaksanakan pelantikan sejumlah Pendeta Muda dan Pendeta Pembantu yang sudah mengikuti Diklat yang dilaksanakan secara online (by zoom meeting) sejak tanggal 25 Januari  2021 - 29 Maret 2021 dinyatakan lulus dalam ujian dan memenuhi syarat-syarat lainnya. Pejabat yang dilantik terdiri dari Pendeta Muda dan Pendeta Pembantu.   

Beberapa perwakilan Pendeta Muda dan Pendeta Pembantu yang hadir secara onsite di Bontang mengucapkan janji pejabat diikuti pejabat yang dilantik secara online. Ketua BPD melantik dan kemudian mendoakan bersama dengan Pendeta yang hadir di Bontang, beberapa pejabat yang dilantik di titik kumpul didoakan oleh Perwil dan Pendeta Pembinanya. 

Dalam Pleno terakhir juga diputuskan bahwa Sidang MD 2022 yang merupakan Sidang MD Gembala akan dilaksanakan di Berau. Setelah penyerahan palu dari Majelis Persidangan kepada BPD, Sidang MD Umum I BPD GBI Kaltim 2021 ditutup oleh Ketua BPD GBI Kaltim, Pdt. Dr. Samuel Irwan Santoso dengan mengetuk palu sebanyak tiga kali.   

Selanjutnya, ibadah penutupan disertai dengan Perjamuan Kudus, khotbah penutup oleh Pdt. Naftali Untung, M.Th dengan mengajak seluruh peserta belajar dan meneladani kehidupan seorang hamba Tuhan yang dipakai secara luar biasa yaitu Rasul Paulus yang tidak lalai dan begitu efektif serta maksimal dalam melaksanakan tugas panggilannya. 

Terima kasih atas dukungan dan partisipasi semua pihak yang terlah terlibat dalam mendukung terlaksananya SMD Umum 1 BPD GBI Kaltim 2021, sampai berjumpa di SMD Gembala 2022 di Kota Berau, Tuhan Yesus meberkati. [Sekretaris BPD GBI Kalimantan Timur, Pdt. Irail Bigael, S.H., M.Th].