Berita Bethel
Penulis: Pram (09/08/2021)

Bantuan Kuota Data Internet

Bantuan Kuota Data Internet 2021 kembali diberikan oleh Kemendikbudristek untuk bulan September-November 2021. Berikut adalah informasi penting seputar bantuan pendidikan dari pemerintah seperti yang dilansir dari laman covid19.go.id:

1. Seperti apa bantuannya ?. Kuota yang diberikan adalah kuota umum, dapat mengakses seluruh laman, kecuali yang diblokir oleh Kemkominfo yang tercantum pada http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id. Adapun besaran kuotanya adalah: Siswa PAUD: 7 GB/bulan, Siswa Dikdasmen: 10 GB/bulan, Guru PAUD/Dikdasmen: 12 GB/bulan, Mahasiswa/Dosen: 15 GB/bulan.

2. Siapa yang berhak mendapatkan ?. Mereka yang berhak mendapatkan bantuan kuota ini adalah berdasarkan pengajuan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) yang sudah diverifikasi dan validasi pada https://vervalponsel.data.kemendikbud.go.id untuk jenjang pauddasmen dan https://kuotadikti.kemdikbud.go.id untuk jenjang pendidikan tinggi.

3. Batas unduh dan unggah SPTJM, bantuan bulan September: Batas unduh: 28 Agustus 2021, batas unggah: 31 Agustus 2021.

Bantuan bulan Oktober: Batas unduh: 28 September 2021, batas unggah: 30 Sempetember 2021. Bantuan bulan November: Batas unduh: 28 Oktober 2021, batas unggah: 31 Oktober 2021. Calon penerima bisa melaporkan kepada pimpinan/pengelola satuan pendidikan.

Pimpinan/operator satuan pendidikan mengunggah SPTJM untuk nomor baru atau nomor yang berubah ke : 1. Paud/Dikdasmen : http://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id. 2. Dikti: http://kuotadikti.kemdikbud.go.id.

5. Syarat penerima bantuan siswa PAUD/Dikdasmen yaitu terdaftar di Dapodik, memiliki nomor ponsel akti atas nama peserta didik/orang tua/anggota keluarga/wali.

Pendidik PAUD/Dikdasmen : Terdaftar di Dapodik dan berstatus aktif dan memiliki nomor ponsel aktif. Mahasiswa : Terdaftar di aplikasi PDDikti, sebagai mahasiswa aktif atau sedang menuntaskan gelar ganda, memiliki Kartu Rencana Studi pada semester berjalan, memiliki nomor ponsel aktif.

Dosen : Terdaftar di PDDikti sebagai dosen aktif, memiliki nomor registrasi (NIDN, NIDK, atau NUP), memiliki nomor ponsel aktif. [Sumber : kontan.co.id. Judul asli : 5 Hal penting yang perlu diketahui tentang bantuan kuota data internet].