Berita Bethel
Penulis: Pram (09/09/2021)

Gereja Musti Jalankan Pemuridan !

Cikal bakal gereja mula-mula kemudian bisa berkembang luas berdasarkan pemuridan yang dilakukan oleh Yesus Kristus. Pdt. Togi Simanjuntak, MTh [Ketua Departemen Pemuridan BPP GBI] dan instruktur pelatihan penggunaan modul pertumbuhan rohani MSK [Menjadi Seperti Kristus] menekankan tak perlu seseorang pelayan Tuhan berpikir "Gereja ku kecil".

 "Langkah yang penting adalah apakah jemaat anda sudah dimuridkan ?, sebab Yesus datang untuk menyelamatkan manusia yang terhilang, " tanya dia.

Bahkan, imbuhnya bahwa gereja mula mula didirikan di atas pengakuan para murid-Nya [Matius 16:15-18]. Kemudian, para murid menuliskan [ajaran-ajaran Yesus Kristus] karena mereka memiliki kuasa dalam pelayanan, walau sering hidup dalam derita. "Salah satunya Yohanes mengalami ini di Pulau Patmos." katanya.

Lebih lanjut, ia mensharing kan soal penatalayanan dapat dilakukan dalam konteks pemuridan seperti WL, pengkotbah yang terlibat dalam pelayanan. Sembari ia menambahkan nats-nats yang relevan antara lain Matius 26:40-41, Matius 20:26-28, Matius 17:18-21, KIS 2:41-47.

Merujuk Amanat Agung, jelas bahwa jemaat itu milik Yesus Kristus bukan milik gereja. "Jangan pusing kalau ada jemaat yang pindah gereja. Di gereja asal ada jemaat [banyak] tapi tidak dimuridkan, ya percuma juga," katanya.

Ketua Departemen Pemuridan BPP GBI mengingatkan kembali soal jemaat mula-mula yang lahir dan terbentuk melalui sarana pemuridan [KIS 11:25-26]. "Aktifkan sarana Komsel sebagai pusat pemuridan, jangan pakai lampu sorot segala dan lain-lain di gereja tapi utamakan kuasa Roh Kudus, " pesannya.

Marpaung yang kini bermukim di Riau bersaksi dirinya pernah dibimbing secara rohani oleh nara sumber ketika menjalami masa hukuman di salah satu LP di Propinsi Banten.  

Buku terbitan cetakan pertama Departemen Pemuridan BPP GBI masing-masing :1. MSK Modul 1 [Mengalami Kristus]. 2. MSK Modul 2 [Sejalan dengan Kristus]. 3. MSK Modul 3 [Kokoh di dalam Kristus]. Bagi jemaat, pembaca yang rindu memiliki buku-buku tersebut, silahkan kontak melalui WA ke Lina [081310160326]. [Foto Pdt. Togi Simanjuntak, MTh, kiri bersama relawan Tagana Rajawali GBI, kanan].