Berita Bethel
Penulis: Pram (05/04/2022)

Peluncuran Buku MSK : Pemimpin Memimpin di Depan, Bukan di Belakang

Ciri-ciri gembala yang sesuai dengan Alkitab dibahas secara ringkas oleh Sekum BPP GBI [Pdt. Josafat Mesach, MTh] pada acara Peluncuran & Training Hybrid Buku MSK Pemimpin di GBI Rock Lembah Pujian, Denpasar, Bali [Kamis, 31/3] melalui online dan onsite.

Ia prihatin karena ada oknum Gembala yang mencari keuntungan pribadi dengan cara menjadikan jemaatnya seperti ATM dan menggunakan fasilitas milik jemaat dengan dalih untuk pelayanan. Namun, ia bersyukur kejadian ini tak ada di lingkungan GBI.

"Pemimpin yang Alkitabiah adalah fokus kepada domba-dombanya, tegasnya. Lebih lanjut, Sekum mengatakan ciri-ciri Gembala yang Alkitabiah :

1. Mengenal domaba-dombanya, memahami kekuatan dan kelemahan domba-dombanya. 2. Siap sedia melayani, kapan saja ketika domba-domba membutuhkannya. Hal ini termasuk ketika mereka melewati lembah kekelaman dan tekanan [kehidupan]. "Ada istilah [candaan], lebih mudah bertemu dengan Tuhan daripada Gembala, ujarnya sembari bercanda.

3. Memimpin dari depan, bukan dari belakang. 4. Memiliki keberanian [Yohanes 10:1], bahkan bila perlu pemimpin melindungi domba dengan nyawanya.

Sekum mencermati kondisi di ladang pelayanan, ada [oknum] pelayan Tuhan yang melakukan tindakan salah namun dibungkus dengan nats Firman Tuhan. "Jemaat itu milik Tuhan, bukan milik saya," pesannya.

Ia lebih lanjut mendorong agar pemimpin bersiap dan sedia untuk mengambil tanggung-jawab dari pertama sampai akhir. Selain itu, menurutnya ada hal-hal tertentu yang bisa didelegasikan kepada orang lain untuk membangun potensi pengikut. Namun ada juga yang tidak bisa didelegasikan kepada orang lain seperti tanggung-jawab, visi dan misi organisasi.

Di akhir sesi, Sekum menegaskan agar para pemimpin rohani memiliki kehidupan seperti Firman Tuhan yang dituliskan oleh Rasul Paulus yaitu tidak bercacat-cela di dalam jemaat dan di luar jemaat, suami dari satu istri. "Buat Gembala dan sebagai orang-tua juga, sediakan waktu buat anak-anak kita," pungkasnya.

Acara ini disertai dengan peluncuran Buku MSK Pemimpin oleh Ketua Umum BPP GBI. Bagi jemaat, hamba Tuhan, gereja lokal yang akan membeli buku tersebut, silahkan kontak [WA only] ke Marlina : 081316410326.