Berita Bethel
Penulis: Pram (30/04/2022)

3 Tips Mudik Aman agar Selamat Selama Perjalanan hingga Tiba di Kampung Halaman

Antusiasme masyarakat untuk mudik Lebaran tahun 2022 sangat tinggi, terlebih karena dalam dua tahun terakhir pemerintah membatasi mobilitas penduduk termasuk pulang kampung akibat tingginya kasus Covid-19.

Saat diizinkan mudik tahun ini, pemudik harus memenuhi beberapa syarat perjalanan seperti sudah divaksinasi lengkap dan wajib booster yang dibuktikan dengan sertifikat vaksinasi.

Tak hanya syarat tersebut, pemudik juga harus memastikan beberapa hal sebelum mulai melakukan perjalanan agar sehat dan selamat sampai tujuan.

Gunakan transportasi yang tepat. Saat mudik menempuh jarak yang jauh, pemudik wajib memilih moda transportasi yang baik dan tepat.Jika jarah tempuh lokasi tempat Anda tinggal dan kampung halaman cukup jauh, maka lebih baik gunakan pesawat atau kendaraan pribadi untuk menjaga kenyamanan Anda selama perjalanan.

Hindari menggunakan sepeda motor terlebih jika Anda membawa banyak muatan.Pastikan kendaraan dalam kondisi prima. Jika memutuskan untuk menggunakan kendaraan pribadi, maka Anda harus memastikan kendaraan tersebut layak menempuk perjalanan jauh.

Pastikan kendaraan Anda tidak mengalami kerusakan. Bila perlu, konsultasikan kondisi kendaraan Anda kepada ahlinya sebelum memulai perjalanan.

Disiplin protokol kesehatan. Baik sebelum, selama di perjalanan, dan sesampainya di kampung halaman, Anda tetap harus mendisiplinkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19 terlebih bila Anda akan bertemu dengan anggota keluarga yang rentan terpapar penyakit tersebut.Tetap gunakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, cuci tangan secara berkala di manapun Anda berada. [Sumber : pikiranrakyat.com].