Berita Bethel
Penulis: Pram (27/06/2022)

8 Gejala Omicron Varian Baru BA.4 dan BA.5, Segera Tes Covid-19 Jika Mengalaminya!

Euforia penurunan kasus Covid-19 sudah dirasakan selama beberapa waktu belakangan. Namun kabar terbaru menyatakan perkembangan varian Omicron terbaru semakin mengkhawatirkan. Gejala Omicron varian baru ini bisa Anda baca di artikel singkat berikut ini. 

Penurunan jumlah penularan Covid-19 menjadi hasil dari kebijakan dan kedisiplinan masyarakat. Namun agaknya hal ini harus kembali diperketat menyusul adanya sejumlah kasus Omicron varian baru yang dikenal dengan BA 4 dan BA 5, dengan gejala yang sebenarnya mudah dikenali. Seperti apa gejala Omicron varian baru ?. 

Gejala Omicron Varian Baru. Sederet gejala Omicron varian baru ini mudah dikenali, karena cukup mirip dengan Covid-19 varian sebelumnya. Beberapa gejalanya adalah sebagai berikut.

1. Batuk.2. Kelelahan.3. Hidung tersumbat.4. Demam.5. Mual atau muntah. 6. Sesak napas.7. Diare.8. Anosmia atau ageusia. 

Idealnya pengenalan gejala ini sudah cukup mudah dilakukan masyarakat Indonesia dan dunia, sebab sudah terbiasa mendeteksinya selama kurang lebih dua tahun belakangan. Jadi ketika merasakan beberapa gejala Omicron varian baru di atas secara bersamaan, jangan ragu untuk segera melakukan tes awal guna memastikan kondisi. 

Jika diperlukan, lakukan tes PCR agar mendapatkan hasil yang lebih pasti. Pastikan untuk selalu memeriksa diri ke fasilitas kesehatan terdekat jika mengalami gejala Omicron varian baru seperti yang disebutkan di atas. 

Upaya Pencegahan dan Persiapan Diperketat.Ketika dari sisi masyarakat hal ini sudah mulai disadari dan penerapan prokes kembali ketat, dari sisi pemerintah ternyata juga cukup banyak langkah yang sudah dilakukan. 

Salah satunya adalah melakukan pengecekan dan memonitor kapasitas rumah sakit, obat, dan fasilitas pendukung seperti tabung oksigen. Hal ini berangkat dari situasi yang cukup gawat pada beberapa waktu lalu, dimana tingkat penularan dan keparahan mencapai puncaknya. 

Pemerintah Indonesia sendiri tidak mau kecolongan terkait penularan Covid-19 generasi terbaru ini. Dengan keberhasilan yang sudah didapatkan sejauh ini, pemerintah kembali berharap agar masyarakat tetap waspada dan kembali menerapkan protokol kesehatan ketat sebagai langkah pencegahan. 

Menerapkan pola hidup sehat, kembali mengenakan masker, mencuci tangan setelah beraktivitas, menjaga jarak, dan sebisa mungkin menjauhi kerumunan, adalah langkah sederhana yang bisa dilakukan. 

Itu tadi sedikit informasi terkait dengan gejala Omicron varian baru yang beredar di masyarakat. Kenali dengan cepat, lakukan tes screening, pastikan hasilnya, dan ambil langkah tepat untuk mengatasinya!. [Sumber : suara.com].