Berita Bethel
Penulis: Pram (18/07/2022)

Kakek-Nenek Hadir Membawa Perubahan

Pada nats-nats Alkitab salah satunya PL, mencatat Abraham dan Sarah sebagai kakek, nenek Yakub. Kejadian 50:23 Jadi Yusuf sempat melihat anak cucu Efraim sampai keturunan yang ketiga; juga anak-anak Makhir, anak Manasye, lahir di pangkuan Yusuf. 

Tiga poin penting disampaikan nara sumber, Pdt. Dr. dr. Dwidjo Saputro, SpKJ [K] berkaitan dengan tema Menjadi Kakek-Nenek yang Bertujuan yaitu hidup orang percaya dipilih dan ditentukan Tuhan untuk hadir menjadi pembawa perubahan. 

Berikutnya, hidup orang percaya berubah total usai pertobatan. "Inti orang percaya adalah mempunyai keyakinan kokoh dalam hidup sehari-hari, di atas batu karang yang teguh, peran kakek-nenek  luar biasa dan tak dapat diabaikan. Mereka tulus dan ikhlas, " katanya.   

Berdasarkan pengamatannya dari Alkitab maka Kitab mencatat peran kakek-nenek dalam bentuk silsilah, walaupun secara fisik dan usia tua tidak akan menghalangi manusia batiniah terus bertumbuh. "Kasih karunia Tuhan tetap menopang, seperti tertulis pada nats Yesaya 46:4, berkat ajaib ilahi atas hidup Naoimi tampak jelas. Ia menjadi nenek Obed, ayah Isai [ayah Daud].   

Selain contoh-contoh di atas, Pdt. Dr. dr. Dwidjo Saputro, SpKJ [K] menyampaikan Lois dan Eunike memberikan pengaruh terhadap Timotius memiliki dampak mendalam dalam meletakkan landasan rohani dan kehidupan mereka sehingga Timotius menjadi pemimpin gereja yang pertama. 

"Hasil survei mencatat ada pengaruh spiritual dari orang-tua dan kakek-nenek menempati peringkat teratas, bukan pekerja [gereja] pelayanan anak, remaja [2 Timotius 3:14-15].   

Nara sumber mengingatkan kembali perihal orang-tua mengajarkan kisah dn kebesaran Tuhan [Ulangan 4:9, Mazmur 71:17-18, Titus 2:1-5]. "Kakek-nenek menjadi teladan, beritakan perbuatan dan kebaikan Tuhan," pungkasnya.   

2 Timotius 3:14 Tetapi hendaklah engkau tetap berpegang pada kebenaran yang telah engkau terima dan engkau yakini, dengan selalu mengingat orang yang telah mengajarkannya kepadamu.3:15 Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus.[Salah satu materi Konferensi Keluarga GBI yang bertemakan Christ Centered Parenting].