Berita Bethel
Penulis: Pram (12/10/2022)

Tapanuli Utara Berbenah Pasca Gempa

Meski masih dalam suasana berbenah pasca gempa Taput yang terjadi tanggal 01 Oktober 2022 lalu, Badan Pengurus Daerah Tapanuli memperingati HUT ke 52 GBI bertempat di gedung Kantor BPD pada tanggal 06 Oktober 2022.

Ditengah rasa syukur akan kehadiran GBI di tengah dunia khususnya di Tapanuli, seluruh staf lengkap BPD yang hadir sepakat mengambil bagian menopang gereja dan jemaat lokal GBI yang terdampak gempa. Setidaknya ada beberapa gedung gereja dan rumah-rumah jemaat yang mengalami kerusakan akibat gempa.

Dalam ibadah syukur dan rapat staf lengkap, secara simbolis mewakili seluruh pejabat GBI se-Tapanuli, Pdt Marical Manalu selalu anggota MPL menerima potongan kue sekaligus menyampaikan sambutan dan ajakan berdoa di tengah suasana Taput berbenah pasca gempa.

Aktifitas ini tetap dilakukan, meskipun dalam suasana was-was kemungkinan datangnya gempa susulan.

Sedikitnya selama sebulan akan terus terjadi gempa susulan sebagaimana dalam peristiwa yang sudah terjadi puluhan tahun sebelumnya.

Pdt Dangas Marbun, Ketua BPD GBI mengajak seluruh jemaat lokal GBI di Tapanuli untuk melakukan persembahan ekstra pada minggu 09 Oktober 2022. Hasil persembahan dikoordinir Pdt. Samsiar Sinaga [Ketua Bidang Pelmas BPD GBI Tapanuli] diserahkan kepada gereja dan jemaat yang  terdampak gempa.

Lebih lanjut, kegiatan penyerahan bantuan dilakukan terpusat pada tanggal 13 Oktober 2022 di GBI Tarutung Kota [Gembala Pdt Gunawan Panggabean dan menjabat Bendahara BPD GBI Tapanuli].

Akibat gempa GBI Tarutung Kota adalah salah satu gereja yang mengalami kerusakan sangat besar. Kerusakan menimpa plafon dan dinding dengan kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. [Penulis : Pdt. Yusuf Sumitro Pasaribu, MTh. Foto kiri bawah : GBI Sipultak. Foto kanan atas : GBI Tarutung Kota]..