Berita Bethel
Penulis: Pram (27/10/2022)

Gejala dari COVID-19 Varian XBB

Berikut gejala dari COVID-19 varian XBB, seperti dilaporkan oleh Prevention : Demam atau kedinginan, Batuk, Sesak napas atau kesulitan bernapas.

Kelelahan, Nyeri otot atau tubuh, Sakit kepala, Hilangnya rasa atau bau baru, Sakit tenggorokan, Hidung tersumbat atau pilek, Mual atau muntah, Diare.

Seperti strain Omicron lainnya, XBB dianggap sangat menular. Kementerian Kesehatan Singapura mencatat bahwa varian tersebut sekarang merupakan 54 persen dari kasus COVID-19 di negara tersebut, naik dari 22 persen  pada minggu sebelumnya.

Kementerian Kesehatan Singapura mengatakan bahwa XBB “setidaknya dapat menular seperti varian yang beredar saat ini” tetapi menambahkan bahwa “tidak ada bukti bahwa XBB menyebabkan penyakit yang lebih parah.

Masyarakat diminta waspada virus corona varian XBB. Pemerintah telah meminta masyarakat untuk waspada dan memperkuat protokol kesehatan (prokes). Langkah itu terutama dalam memakai masker dan melakukan vaksinasi.

"Walau pun sekarang angkanya masih rendah, bukan tidak mungkin akan meningkat di beberapa hari ke depan. Karena itu masyarakat diimbau tetap menjaga protokol kesehatan dengan baik," ujar Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono.

Dante tidak menyebut berapa jumlah pasti warga Indonesia yang sudah terinfeksi varian XBB, serta daerah mana saja di Indonesia yang sudah terpapar. Ia beralasan rinciannya saat ini sedang dalam perhitungan dan evaluasi oleh Kementerian Kesehatan.[Sumber : kumparan.com].