Berita Bethel
Penulis: Pram (10/01/2023)

Baksos Peduli Kasih Banten Pasca Pandemi dan Berakhirnya PPKM

Membaiknya penanganan pandemi Covid 19 membuat mulai bergeraknya roda ekonomi sosial dalam masyarakat. Terutama setelah Pemerintah mencabut PPKM, sehingga berangsur-angsur masyarakat hidup normal kembali setelah hampir tiga tahun mengalami pandemi Covid 19. 

Namun dampak ekonomi yang ditimbulkan akibat pandemi Covid 19 belum sepenuhnya pulih sediakala, dampak kesulitan ekonomi bagi kalangan masyarakat kurang mampu masih terasa.

Atas dasar situasi itu, Peduli Kasih Banten kembali hadir di daerah Ciakar, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang, Propinsi Banten menggelar Aksi dan Bakti Sosial di awal tahun 2023.

Tujuan kegiatan ini yakni membangun solidaritas sosial di tengah masyarakat sebagai wujud kasih terhadap sesama anak bangsa,sebagai wujud persaudaraan dalam kebangsaan dan dalam kemanusiaan.

Adapun bentuk aksi sosial adalah dengan melakukan fogging nyamuk DBD di 7 wilayah untuk mencegah penyebaran penyakit demam berdarah [Selasa 3 Januari 2023]. Sedangkan bakti sosial dan pasar murah diadakan pada hari Sabtu, 7 Januari 2023 di komplek Gereja Bersama Citra Raya, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

Baksos terdiri dari pengobatan gratis lebih kepada 300 orang masyarakat, panggung hiburan anak-anak, bazar murah berbagai produk, tebus murah sembako seharga Rp. 20.000, sejumlah 1.000 paket sembako dan makan siang gratis.

Bakti sosial dimeriahkan dengan penampilan tarian Dayung Sampan khas Benteng Tangerang, penampilan penyanyi cilik Clara yang berjudul Indonesia Jaya.

Acara ini dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang mewakili  Bupati Tangerang, Drs H.. Moh. Maesyal Rasyid, M.Si, perwakilan aparat TNI dari Kodim Tiga Raksa, perwakilan aparat Polres Tiga Raksa, Camat Panongan, Danramil, Kapolsek, Kades, Kadus, RW dan RT setempat, serta perwakilan dari Ciputra.

Sekab Kabupaten Tangerang, Maesyal Rasyid memberikan sambutan agar semua warga Kabupaten Tangerang harus tetap bersatu dan bersama merawat kebhinekaan dengan hidup rukun antar umat beragama, toleransi dan saling membantu dalam semangat Pancasila.

Beliau mengapresiasi Panitia Peduli Kasih Banten, yang setiap tahun konsisten dalam menggelar aksi dan bakti sosial sebagai upaya berkolaborasi dengan Pemerintah untuk membantu masyarakat.

Lebih lanjut, Ketua BPD GBI Propinsi Banten, Pdt Samuel Kusnadi B.Sc, mengatakan dalam sambutannya bahwa semangat kasih umat Kristiani seperti dalam ajarannya, memang semestinya diwujudkan dalam bentuk kepedulian bagi sesama.

Sementara itu, Ketua Panitia Peduli Kasih Banten, Agus Tanu menyampaikan dalam rangkaian perayaan Natal dan Tahun Baru, aksi dan baksos adalah agenda rutin untuk memberkati masyarakat. 

Acara pembukaan dihadiri enam tokoh lintas agama, yang mewakili enam agama resmi Indonesia (Islam, Kristen, Katolik, Buddha, Hindu dan Konghucu). Secara bergantian, mereka berdoa sesuai dengan ajaran masing-masing, serta penyerahan sembako kepada tokoh agama sebagai perwakilan masyarakat yang terdiri dari semua unsur umat beragama.[R/O Doni Susanto - DPA GBI Propinsi Banten].