Berita Bethel
Penulis: Pram (09/04/2023)

Bekasi : SMDU 2023 Sukses dan Lancar

Kota Bekasi - Acara dihadiri semua pejabat GBI di Bekasi yaitu Pendeta Pratama (Pdp), Pendeta Madya (Pdm), dan Pendeta (Pdt), pelaksanaan Sidang Majelis Daerah Umum BPD Bekasi GBI yang dilangsungkan selama 2 hari di GBI Graha Bethany Lippo Cikarang, Selasa-Rabu, 4-5 April 2023.

Diawali Ibadah Pembukaan pada hari pertama (4 April 2023), Ketua Umum BPP GBI, Pdt. Dr. Rubin Adi Abraham, M.Th., menyampaikan firman Tuhan sekaligus meresmikan Sidang Majelis Daerah Umum BPD BEKASI GBI yang bertemakan “Sehati Menuntaskan Amanat Agung” dan sub tema  “Jadikanlah Semua Bangsa Muridku”.

Secara simbolis Ketum BPP GBI memukul gong sebanyak tiga kali menandakan dimulainya SMD Umum BPD Bekasi. Dan dilanjutkan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Hymne GBI dan terakhir menyanyikan lagu Mars BPD Bekasi GBI. Pada hari pertama ini, dilaksanakan Ujian Kependetaan (Pdt) di Hall B GBI LIPPO Cikarang. Para peserta Ujian Kependetaan ini adalah para Pejabat GBI Pdm (Pendeta Madya) yang telah menggembalakan (Gembala) dan telah memenuhi syarat seperti yang tertuang dalam Tata Dasar GBI.

Proses ujian Kependetaan ini diawasi oleh Dewan Ketua Penguji, Pdt. Hiruniko Ruben, M.Th (Dosen STT Bethel Indonesia) yang ditunjuk mewakili BPP GBI. Didampingi oleh Pdm. Yonathan Setiawan Lumbanraja, M.Th (Selaku wakil Sekertaris BPD BEKASI GBI), dan Pdp.Grace Claudia, S.I.Kom (selaku Kabid PAHAT Perwil-1).

Agenda selanjutnya memperkenalkan Calon Pdp (Pendeta Pratama) dan Calon Pdm (Pendeta Madya) yang telah memenuhi Kualifikasi sesuai dengan Tata Dasar GBI. Sebanyak 24 calon Pdp dan 15 calon Pdm turut diperkenalkan dihadapan peserta Sidang Majelis Daerah Umum BPD Bekasi GBI. Kemudian, rangkaian kegiatan pada hari pertama ini ditutup dengan Laporan Komisi-Komisi.

 Hari kedua (05 April 2023) Sidang Majelis Daerah Umum BPD Bekasi GBI dimulai pukul 08:00 WIB s/d 15:30 WIB dengan agenda Ibadah Pagi yang dilayani Pdt.Wiweko Mulyono, S.Th., dilanjutkan dengan sesi persentasi penanaman Gereja.

pada agenda yang paling dinantikan pada Sidang Majelis Daerah BPD Bekasi GBI yaitu Pleno III: Pemilihan Bakal Calom Ketum BPP GBI, Pemilihan Anggota MPL GBI Bekasi, dan Pemilihan Ketua BPD Bekasi. Sesuai dengan Tata Dasar GBI 2021 yang memiliki Hak Suara hanya Pejabat GBI (Pdt, Pdm, Pdp) yang menggembalakan Jemaat, sedangkan pejabat GBI non-Gembala tidak mempunyai hak suara melainkan hanya hak bicara (Sumber: Tata Gereja GBI Edisi 2021 halaman 60).

Berdasarkan  hasil dari proses pemilihan, untuk Bakal Calon Ketua Sinode GBI, suara terbanyak dimenangkan oleh Pdt. Dr. Rubin Adi Abraham, M.Th (Petahana) kemudian disusul oleh Pdt. Dr. Japanlin Marbun. Pada posisi Calon Majelis Pekerja Lengkap (MPL) GBI Bekasi adalah mereka yang telah lolos verifikasi data administrasi yang dilakukan oleh BPP GBI (Sumber: Tata Gereja GBI Edisi 2021 halaman 39-40). Maka Calon MPL Bekasi GBI yang lolos hanya 2 orang dari 6 kandidat yang diajukan oleh BPD Bekasi GBI, yakni Pdt. Samuel Harnadi dan Pdt Andreas Setiawan. Suara terbanyak dimenangkan oleh Pdt.Samuel Harnadi.

Selanjutnya, pemilihan Ketua BPD sesuai dengan Pasal 81 Tata Gereja GBI edisi 2021. Maka diperoleh 2 calon Ketua BPD dalam putaran pertama pemilihan Bakal Calon Ketua BPD Bekasi yakni Pdt. Sahala Nainggolan, M.Th (petahana) dan Pdt Agus Setiawan, S.Th. Kedua calon kemudian diverifikasi sesuai persyaratan dalam Tata Gereja oleh MK SMD Umum.

Usai proses verifikasi,  pimpinan MK SMD Umum, Pdt. Dr. Untung Naftali sebagai pimpinan sidang mewakili BPP GBI memutuskan Pdt. Sahala Nainggolan sebagai Ketua BPD Bekasi periode 2023-2027.

Sebelumnya telah dilakukan pemilihan Calon Ketua BPD pada putaran pertama yang menghasilkan lima nama yaitu; Pdt. Sahala Nainggolan, M.Th., Pdt. Agus Setiawan, S.Th., Pdt. Andy Markus, Pdt. Lukas Sagotra dan Pdt. Yohanes J. Sihombing.

Setelah pemilihan berlangsung, agenda dilanjutkan dengan Pelantikan Pejabat Pdp dan Pdm. Prosesi Pelantikan Pdp dan Pdm dipimpin oleh Ketua BPD Bekasi GBI, Pdt Sahala Nainggolan, M.Th. (Stola Merah adalah Pejabat Pdp, Stola Biru adalah Pejabat Pdm yang akan dikukuhkan/ditahbiskan menjadi Pejabat GBI). Kemudian mereka didoakan oleh Pendeta Pembina dan Gembala agar Tuhan terus memakai baik dalam pelayanan kepada jemaat lokal maupun organisasi.

Berbagai ucapan selamat disampaikan atas terpilihnya Pdt. Sahala Nainggolan sebagai Ketua BPD Bekasi GBI dan Pdt. Samuel Hernadi sebagai MPL. Diantaranya disampaikan  Pdt.Andreas Setiawan.“Bersyukur oleh karena pertolongan Tuhan, rangkaian kegiatan Sidang MD hari pertama dan hari terakhir ini dapat berlangsung dan berjalan dengan sangat baik, termasuk pada rangkaian pemilihan bakal calon Ketum (Ketua BPP Sinode GBI), Ketua BPD Bekasi, dan juga MPL GBI Bekasi. Jadi semuanya berjalan dengan sangat baik dan hasilnya ada dalam pimpinan anugerah Tuhan,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan harapannya agar dalam kepemimpinan petahana ini tentu harus lebih baik lagi sehingga hasilnya bisa berbuah lebih banyak lagi dan banyak gereja yang boleh ditanam di kota dan Kabupaten Bekasi sehingga Tuhan dipermuliahan. 

Saya mengucapkan terima kasih kepada Dewan ketua dan anggota persidangan Sidang MD Umum yang telah memimpin dengan sangat baik, harapan saya setiap catatan baik masukan atau usulan yang telah ditampung mohon di follow-up sehingga dapat memajukan GBI yang lebih baik kedepan,” ucapnya lagi.

                                                                                                                                                                                                                                                                                   

Ucapan selamat juga datang dari Pdt. Dr. Naftali Untung, M.Th selaku Sekertaris II BPP GBI. “Saya mengucapkan selamat kepada MPL GBI Bekasi terpilih Pdt.Samuel dan ketua BPD Bekasi GBI Pdt Sahala yang telah kita pilih bersama pada hari ini. Dan puji Tuhan semua rangkaian Sidang MD Umum berjalan dengan sangat baik,” tuturnya.

Mewakili dari Persekutuan Anak-Anak Hamba Tuhan (PAHAT) GBI di Bekasi kepada ketua BPD Bekasi GBI terpilih, Pdt.Sahala Nainggolan menyampaikan ucapan selamat.“Kami mengucapkan selamat untuk Bapak Sahala yang terpilih kembali untuk memimpin BPD Bekasi GBI pada periode 2023-2027. Harapan kami tentunya dapat saling bersinergi dengan semua perwil di BPD Bekasi GBI. Tuhan Yesus terus menolong dan menyertai”. 

Adapun Pdt. Stefanus Karsten, S.Th, selaku Sekretaris Persidangan Sidang MD Umum selain mengucapkan selamat atas terpilihnya kembala Pdt. Sahala Nainggolan, M.Th sebagai Ketua BPD Bekasi GBI, juga mengucap syukur atas terselenggaranaya SMD Umum BPD Bekasi GBI dengan baik dan lancar.“Saya sebagai sekertaris BPD Bekasi GBI dan juga yang mendesign acara Sidang MD pada hari ini, saya mengucap syukur semua berjalan dengan baik dan lancar dan persidangan juga sesuai dengan yang kami harapkan. Saya yakin semua oleh karena Tuhan yang memberikan perjalanan persidangan dengan sangat baik sehingga peserta dapat pulang dengan membawa berkat yang sangat luar biasa,” sebutnya.

Saya mengucapkan selamat kepada MPL GBI Bekasi, Pdt. Samuel Harnadi dan Ketua BPD Bekasi GBI Pdt Sahala Nainggolan yang telah terpilih untuk menjabat pada periode tahun 2023 – 2027. Semua oleh karena tuntunan dan anugerah Tuhan. Hal-hal yang menjadi concern kita kedepannya, kita akan fokus kepada pembenahan SDM seperti Visi dan Misi dari pak Ketua, dimana kita akan memberikan atau membangun SDM pejabat di GBI Bekasi yang mumpuni dalam banyak tugas pelayanan, penggembalaan dan tentunya sebagai pejabat. 

Tentunya kita dapat melihat apa yang terjadi tadi dapat kita ambil pelajaran baiknya dan menjadi cermin bagi diri kita bahwa memang perlu untuk meningkatkan kapasitas diri bahwa suatu saat nanti akan lahir pemimpin-pemimpin yang memang siap dalam segala hal dan tentunya untuk ketua BPD (posisi) sesuai dengan Tata Gereja GBI,” sebutnya lagi.

Sekretaris BPD Bekasi GBI ini juga menitipkan harapannya kepada ketua BPD terpilih untuk peningkatan SDM di BPD Bekasi GBI sehingga berbagai program yang telah diputuskan dapat dilaksanakan dengan baik.“Harapannya, Ketua BPD dapat menyiapkan SDM yang bermutu dan berkualitas, program-program yang sudah disetujui tadi tentunya kembali lagi untuk kepentingan Pejabat GBI dan juga Jemaat Lokal GBI di Bekasi terutama Penanam Gereja agar banyak bertumbuh gereja-gereja baru (Red: diiringi dengan kualitas SDM yang teruji dan berkualitas),” ujarnya.

Pdt. Stefanus H. Karsten, S.Th menambahkan, adanya keharmonisasian antara Gereja lokal dengan organisasi. Kesan saya ini perjalanan yang sangat bagus dari tiga SMD (dalam periode ini) yang kami kerjakan dan yang satunya ada di masa pandemi Covid-19 (ditunda) dan pesertanya pada hari ini juga sangat banyak dan kita lakukan secara onsite. Dan ayok kita kedepan kita maju bersama memberikan yang terbaik untuk BPD Bekasi GBI.

Tepat pukul 14:58 WIB sidang MD Umum ditutup kemudian dilanjutkan dengan Ibadah Penutup dan Perjamuan Kudus yang dipimpin oleh Pdt.Sahala Nainggolan dan semua Pejabat GBI di Bekasi menikmati hadirat dan lawatan Tuhan oleh karena anugerah dan pertolongan Tuhan, Sidang MD Umum BPD GBI Bekasi dapat berjalan dengan sangat baik mulai dari hari pertama sampai hari kedua. Dan juga semua Team terkait yang turut mensukseskan Sidang MD Umum 4 s/d 5 April 2023 mulai dari Tim Acara, Tim Konsumsi, Tim Dokter (PD GBI Bekasi), Tim PPW, Tuhan Yesus terus memberkati apa yang bapak dan ibu kerjakan. Salam SEHATI.Red: Yosafat.Editor: Ronald Stevly Onibala.