Berita Bethel
Penulis: Pram (11/12/2023)

Hidup adalah Perjalanan

Peran pemimpin sangat menentukan arah, pencapaian tujuan suatu organisasi, pekerjaan, pelayanan, bahkan kehidupan. Situasi akan berubah kacau-balau jika tidak ada pemimpin dan sistem kepemimpinan yang mengatur suatu aktifitas baik pelayanan maupun non-pelayanan.

 

Alkitab mencatat dan mengajarkan bagaimana seorang pemimpin dan kepemimpinan bisa dijalankan secara maksimal. Kebutuhan soal kepeimpinan dituliskan pada nats Keluaran 2:23 Lama sesudah itu matilah raja Mesir. Tetapi orang Israel masih mengeluh karena perbudakan, dan mereka berseru-seru, sehingga teriak mereka minta tolong karena perbudakan itu sampai kepada Allah.

  

Sekretaris Umum BPP GBI, Pdt. Himawan Leenardo membagikan tema Hidup adalah Perjalanan pada salah satu sesi Rakerna I WBI beberapa waktu lalu. Penindasan Mesir dan doa bangsa Israel direpons Tuhan dengan mengutus Musa sebagai pembebas [Keluaran 3:7,10 dan Yosua 1:1-2]. Seorang pemimpin bertugas menunjukkan cara, jalan ke suatu lokasi. Bangsa Israel ketika keluar dari Mesir menuju tanah Kanaan mengikuti petunjuk para imam.

  

Beberapa mitos soal kepemimpinan yaitu tentang kuasa dan kontrol, harus mempunyai karisma, selalu memiliki jawaban, tidak dapat menunjukkan kelabilan. Sementara itu, Donald Mc Gannon mempunyai teori kepemimpinan adalah aksi [tindakan] bukan sebuah kedudukan [posisi].

  

John C. Maxwell berpandangan pemimpin adalah seseorang yang tahu jalan, cara dan menunjukkan jalan itu. Ia mempunyai teori Lima Tingkat [Level] Kepemimpinan : 1. Position, Right [orang mengikuti karena kewajiban]. 2. Permission, Relationship [orang mengikuti karena mereka ingin melakukan hal itu].

  

3. Production, Result [orang mengikuti karena apa yang telah dikerjakan/dihasilkan]. 4. People Development, Reproduction [mengikuti karena pengaruh/dampak yang diterima secara pribadi]. 5. Pinnacle, Reputation [mengikuti karena siapa dan apa yang direpresentasikan pemimpin tersebut].

  

Kepemimpinan harus mempunyai lima unsur yaitu Pertama, Kekuatan. Namun bukan kekuasaan melainkan kekuatan untuk membawa perubahan serta bisa memberikan solusi apa untuk mendatangkan perubahan [Keluaran 4:2, Tuhan bertanya kepada Musa apa benda yang dia miliki saat itu yakni tongkat [tongkat ini kemudian digunakan untuk membelah Laut Merah].

  

Kedua, Nilai-nilai [Yosua 1:7] yakni bertindak sesuai dengan Firman Tuhan. Ketiga, Tujuan, visi [I Korintus 9:26 Sebab itu aku tidak berlari tanpa tujuan dan aku bukan petinju yang sembarangan saja memukul] dan Amsal 29:18 [29:18 Bila tidak ada wahyu, menjadi liarlah rakyat. Berbahagialah orang yang berpegang pada hukum].

 

Keempat, Beban dan tanggung-jawab [Yosua1:6 dan Matius 4:19-20]. Kelima, Pengaruh. Menurut John C Maxwell, kepemimpinan adalah pengaruh, tidak lebih dan tidak kurang. Sementara itu, kunci kesuksesan kepemimpinan hari ini adalah pengaruh bukan kekuasaan [Ken Blanchard].

  

Sesuai dengan Firman Tuhan, seseorang tidak bisa memimpin orang lain jika seorang pemimpin tidak bisa memimpin dirinya sendiri. Hal ini terdiri dari sadar terhadap diri sendiri, pengembangan diri sendiri, membangun akuntablilitas dan nilai-nilai [I Timotius 3:5].

  

Hal-hal lain yang penting berkaitan kepemimpinan yaitu self awareness performance [ketika 1-2 kali kesalahan tetapi tidak terlihat dan tidak apa-apa, hal itu berarti bentuk rasa aman yang salah]. Self awareness thought/mind tentang mengawasi diri sendiri dan ajaran [I Timotius 4:16].

   

Self development, analytical thinking yang terdiri dari identifikasi masalah, analisa masalah dan mencari solusi. Building trust, membangun kepercayaan sesuai dengan nats Lukas 16:11-12 yakni tentang siapa setia pada perkara kecil maka seseorang percaya akan setia dengan perkara besar.

  

Self development, understand youtself yakni memahami SWOT [Strength, Weakness, Opportunity, Threat]. Strength = apa kekuatan kita. Weakness = apa kelemahan kita. Opportunity = apa kelemahan kita. Threat = apa ancaman yang akan kita hadapi. Kehidupan ini perlu strategi, salah satunya dengan analisa SWOT.