Berita Bethel
Penulis: Pram (22/01/2024)

Rakernas BSK 2024 : Peran & Kehadiran Para Bapa Masih Kurang

Ucapan selamat datang bagi peserta Rakernas BSK [Bapa Sepanjang Kehidupan] Departemen Keluarga BPP GBI disampaikan Pdt. dr. Josafat Mesach, MTh mantan Sekum BPP GBI dan kini Ketua BSK BPP GBI. Rakenas ini dipancarkan melalui siaran langsung via Zoom dan digelar secara onsite [hybrid] di Graha Bethel, Jakarta [Senen, 22/1].

Sementara itu, Ka Biro Pria Bethel [Pdt. Markus Sudarji] mengatakan hari ini para nara sumber akan memaparkan salah satunya tentang sejarah, visi dan misi BSK. "Diharapkan BSK akan sampai dan terbentuk di tiap-tiap BPD, BPLN sehingga BSK menjangkau Gereja-gereja lokal GBI," ujarnya.

Lebih lanjut, menurut pandangan Pdt. dr. Josafat Mesach, MTh, kehadiran para Bapa di Indonesia sangat kurang. "Ini akibat pola pikir paternalistik, para Bapa dianggap hanya sebagai pencari nafkah, sementara itu para ibu merawat [membesarkan] anak-anak," ujarnya.

Atas dasar kondisi itu, maka nara sumber menyampaikan akitab-akibat yang muncul yaitu kenakalan remaja, kriminal, angka bunuh diri yang tinggi, narkoba, seks bebas, HIV/AIDS, gangguan psikologis. "BSK menjadi kegerakan untuk mendorong dan melibatkan para Bapa menjadi Bapa yang baik dan teladan untuk meluangkan waktu, menyediakan sarana untuk membawa perubahan dalam keluarga. Perlu fasilitator BSK di setiap BPD dan BPLN," tegasnya.

Sesi dilanjutkan dengan pemaparan oleh Penasehat BSK, Pdt. dr. Dr. Dwidjo Saputro SpKJ.