Berita Bethel
Penulis: Pram (11/03/2024)

BEST : Lihat Peluang & Berpikir Positif

Sesi pertama acara BEST [Bethel Evangelism Training] di Graha Bethel, Jakarta [Senen,11/3] dilayani Pdt. Ronald Tampubolon [foto inzet, kiri atas] dengan tema materi Misi PI GBI. Acara merupakan kerja-sama Departemen PI BPP GBI, Bidang PI BPD GBI DKI Jakarta dan BPD GBI Banten.Jumlah peserta sekitar 165 orang.

Lanjut dengan sesi kedua dengan tema Calling dan dilayani nara sumber Pdt. Wilson Siagian [foto berdiri kanan]. "Tuhan pilih, panggil [orang percaya] untuk menjadi terang bagi bangsa-bangsa," ujarnya. Ia mengutip nats-nats 2 Timotius1:9, Yeremia 1:5, Efesus1:4, Yesaya 42:6 dan Mazmur 139:13-16.

Pdt. Wilson Siagian memaparkan keajaiban otak manusia yakni salah satunya memiliki 200 miliar sel yang mampu menampung 100 miliar bite informasi, kecepatan berpikir hingga 300 mil/jam,konfigrurasi 100 triliun dan kapasitas 4.000 pikiran dalam 24 jam. Sementara itu, tubuh manusia terdiri dari 100 triliun sel, 1 sel = 23 kromosom [1 kromosom = 3 milyard DNA]. 1 DNA = 4 alfabet ATGC [Adenin, Timin,Guanin, Citosin]. Bila semua alfabet di susun maka akan mencapai 90 milyard kilometer [600 kali jarak bumi - matahari].

Nara sumber memutarkan video singkat yang berjudul Blades of Glory dan berisi motivasi. Nampak seorang anak kecil, Cowdy yang riang gembira berlari di jalanan perumahan di Amerika sementara itu kedua kakinya adalah sambungan [buatan]. Cowdy memberikan motivasi dan mengajak berlari seorang veteran perang dari penugasan perang di Afghanistan yang mengalami cacat pada kaki akibat ledakan.

Video kedua, seorang pemuda yang bernama Terry Fox. Walaupun ia alami cacat pada bagian kaki, namun ia menggalang dana untuk penderita kanker. Walaupun ia akhirnya meninggal dunia, namun para penyumbang dana terus mentransfer sumbangan ke rekening suatu Yayasan yang membantu pengobatan pasien kanker.

Beralih meninggalkan data-data dan angka, nara sumber bicara soal Berpikir Positif atas dasar nats Yeremia 29:11. "Pikiran positif ini bermakna tiga hal yaitu beriman, percaya Tuhan Yesus memberikan yang terbaik, bersyukur atas segala sesuatu, selalu melihat peluang bukan rintangan," katanya.

Sesi akhir presentasinya, ia memaparkan soal hidup yang berbuah, ditentukan untuk berbuah. "Hasilnya adalah hidup yang maksimal sehingga hidup menjadi berkat dan terang," pungkasnya.