Berita Bethel
Penulis: Pram (11/03/2024)

BEST : Tak Punya Visi, Tak Sampai Tujuan

Pdm. Stanly H. Karouw menyampaikan presentasi dengan tema Causes pada sesi ketiga BEST [Bethel Evangelism Training] di Graha Bethel, Jakarta [Senen,11/3].Acara ini merupakan kerja-sama Departemen PI BPP GBI, Bidang PI BPD GBI DKI Jakarta dan BPD GBI Banten.Jumlah peserta sekitar 165 orang.

Membuka presentasinya, ia memberikan definisi Causes yakni sebab, alasan, maksud perihal apa yang membuat sesuatu terjadi. "Untuk menemukan alasan itu, anda harus bertanya kepada diri sendiri, apa yang pertama terjadi," katanya.

Lebih lanjut, ia mengatakan Tuhan mempunyai alasan ketika Ia melakukan sesuatu kepada Abraham, Musa, Yusuf, Nehemia. "Tuhan memberikan visi dan misi untuk beberapa orang pilihan antara lain Adam untuk mempersiapkan keturunan yang akan memnuhi dan mengelola bumi dan sisinya sesuai dengan kehendak-Nya. Daniel, Tuhan Allah pake dirinya untuk mempertahankan eksistensi Yahudi pada masa pembuangan.

Masalah pentingnya seseorang memiliki tujuan dan menetapkannya secara jelas disampaikan nara sumber. Hal itu meliputi apa hasil yang diinginkan dicapai seseorang. Ragam karya apa yang ingin seseorang capai selama hidup, durasi untuk menyelesaikan karya berapa lama.

Menurutnya, tujuan identik dengan visi. Alkitab mencatat soal itu dengan tujuan agar kehidupan mempunyai tujuan yang jelas [Amsal 29:18a], menggenapi rencana Tuhan [Amsal 16:4, Lukas 4:13], sebagai alat ukur untuk mengetahui seberapa jauh telah melangkah dari titik awal dan seberapa dekat dengan tujuan.

Nara sumber menambahkan seseorang memperoleh visi yang bersumber dari pewahyuan. "Hal ini didapatkan seseorang melalui pembacaan [rutin] Firman Tuhan [Imamat 19:2, Yosua 3:5].  Menutup presentasinya, Pdm. Stanly H. Karouw mengutip hasil survei TIM pada tahun 2017 dengan lokasi di Indonesia dengan hasil : 1. Generasi muda tidak memiliki tujuan [visi] = 90 persen. 2. Tidak mengerti cara mencapai tujuan, namun tidak paham caranya [5 persen]. 3. Memiliki tujuan dan memahami cara mencapai tujuan itu, mencapai 5 persen.

Nara sumber mempersilahkan para peserta untuk menggambar untuk menuangkan ide-ide, cita-cita pada masa depan, tentu gambar tangan ini berkaitan dengan dunia pelayanan.