Berita Bethel
Penulis: Pram (12/03/2024)

BEST : Kembangkan Potensi Menjadi Kompetensi

Seseorang harus memiliki kompetensi untuk melakukan dan menyelesaikan suatu tugas. "Kompetensi ini sesuai dengan Amsal 24:3 dan I Korintus 9:25-27," kata Pdt. Adhi Nugroho.  Ia sebagai nara sumber BEST [Bethel Evangelism Training] di Graha Bethel, Jakarta [Senen,11/3].Acara ini merupakan kerja-sama Departemen PI BPP GBI, Bidang PI BPD GBI DKI Jakarta dan BPD GBI Banten.Jumlah peserta sekitar 165 orang.

Nats berikutnya ia kutip dari I Timotius 4:12 dan Matius 25:15-18. "Tuhan Yesus telah melengkapi anak-anak-Nya dengan potensi untuk selanjutnya dikembangkan sebagai kompetensi," ujarnya.

Beberapa contoh para tokoh Perjanjian Lama yang memiliki kompetensi menurutnya yaitu Daniel, Yusuf, Musa dan Daud. Nara sumber menyampaikan tiga poin penting berkaitan dengan penerapan kompetensi dalam pelayanan.

Pertama, memiliki jiwa untuk melayani orang lain [Kejadian 40:6-7], hal ini sesuai dengan harapan-Nya yakni Ia memberikan perintah kepada orang percaya, hamba Tuhan agar memiliki kepedulian yang tinggi [Matius 25:35-36, I Timotius 3:13].

Kedua, kemampuan bekerja-sama, salah satu contoh adalah kehidupan Yusuf ketika ia berada di penjara [Kejadian 39:22]. Nats lainnya adalah KIS 18:3, Galatia 6:2. "Orang percaya musti bisa bekerja-sama, kerja dalam wadah team work," katanya.

Ketiga, memiliki kehidupan yang berdampak dan berpengaruh buat lingkungan. Salah satu contoh Yusuf [Kejadian 41:39-40], Kolose 3:23 Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia. "Komunitas jemaat mula-mula bermultiplikasi menjadi tiga ribuan orang [KIS 2:41] dan berkembang menjadi miliaran orang hingga saat ini.

Sesi akhir presentasinya, seseorang bisa memiliki kemampuan sehingga memberikan dampak dan pengaruh dalam kehidupan sehari-hari  maka ia harus memiliki keahlian [skill]. Sederet contoh hamba-hamba Allah dalam PL yang melatih skillnya yaitu Yusuf di penjara, Nehemia di babel, Musa di tanah Mesir dan Median, Daud di padang belantara saat ia menjadi seorang gembala.

Galatia 6:2 Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus.