Berita Bethel
Penulis: Pram (05/04/2024)

Camp Pria Bethel : Kita Perwakilan Kerajaan Allah di Bumi

Penegasan Pdt. Ronny Daud Simeon soal kewajiban seorang pria, salah satunya adalah menjadi perwakilan Kerajaan Allah di bumi ini, bekerja [work, bukan job]. 

Ia mengutip nats Kejadian 1:1 Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi dan Kejadian 1:26 Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi."

Ia bicara pada acara Camp Pria Bethel Indonesia yang mengusung tema Dari Pria Bethel Indonesia Menuju Bapak Sepanjang Kehidupan. Acara ini diadakan oleh Biro Pria Bethel Indonesia Departemen Keluarga BPP GBI di Graha Bethel, Jakarta [5-6 April 2024].

Ia mengatakan sebagai seorang percaya, pria harus menguasai fasilitas, bukan fasilitas yang menguasai dirinya. "Identitas pria diciptakan untuk segambar, serupa [seperti] dengan Tuhan. Bukan untuk jadi terkenal, dan kaya. Tuhan mau kita jadi perwakilan Kerajaan Tuhan di muka bumi dan ahli tata kelola keuangan juga," ujarnya.

Nats kedua, ia kutip dari Kejadian 2:15 TUHAN Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu.2:16 Lalu TUHAN Allah memberi perintah ini kepada manusia: "Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas.

Nara sumber menyoroti soal kejatuhan para pria tertentu ke dalam dosa. "Cek apakah dia sudah intim dengan Tuhan ?," tanyanya. Ia mengajak meneladani Yesus. Ia pagi-pagi bersekutu dengan Bapa. Pada penerapan kehidupan sehari-hari, kehidupan seorang pria adalah kehadiran Tuhan [nyata] di dalam hidupnya.

Lebih lanjut, ia menegaskan pelayanan akan berbuah jika seorang pria, hamba Tuhan memiliki hubungan yang intim dengan Tuhan. Pria harus bekerja sesuai dengan nats Firman Tuhan dan melakukan kehendak Bapa, selesaikan pekerjaan-Nya [work, bukan job] seperti tertulis pada nats Yohanes 4:34 Kata Yesus kepada mereka: "Makanan-Ku ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku dan menyelesaikan pekerjaan-Nya". "Melalui talenta, karunia dari-Nya untuk melayani dengan spirit work bukan job sehingga tidak terpancing memikirkan PK terus," katanya.

Menurutnya, kerja keras tak salah, bukan kutuk. Tuhan sebenarnya mengutuk tanah, bukan mengutuk pria. Ia mendorong agar para pria bekerja dengan rajin bekerja seperti semut.

Sekali lagi, nara sumber mengingatkan kembali bahwa Tuhan menugaskan para pria untuk memelihara isi bumi yang meliputi menjaga, melindungi dan menumbuh kembangkan keluarga. "Temukan potensi-potensi keluarga anda.Jaga hubungan dengan Tuhan dengan baik. Jaga keluarga, lindungi keluarga bukan secara fisik saja tetapi jiwani juga.Jaga hati istri dan anak-anakmu. Jangan paksa anak-anak sekolah harus sesuai dengan keinginan kita sebagai orang tua," pesannya.

Menutup pemaparannya, ia mengingatkan soal dosa adalah perbudakan, melenceng dari Tuhan, bahkan kata dosa banyak diperlemah dengan kata-kata yang indah akhir-akhir ini.