Berita Bethel
Penulis: Pram (13/05/2024)

TFT MSK : Hati Terluka Perlu Dipulihkan !

Bidang Pemuridan BPD DKI Jakarta mengadakan TFT [Training For Trainers] Menjadi Seperti Kristus [MSK]. Pelatihan ini untuk para Gembala, Wakil Gembala, dan Pengerja GBI Jakarta bertempat di Graha Bethel, Jakarta [Senen, 13/5].


Ketua BPD GBI DKI Jakarta, Pdt. Kiki Tjahyadi [foto atas no.4 dari kiri] hadir untuk membuka pelatihan dengan sambutan singkat. Sementara itu, Pdt. Elider Tampubolon, MTh sebagai moderator.


Nara sumber pertama, Pdt. Chris Silitonga,M.Ed, Wakasubdiv Pembina Cool GBI Gator Subroto, Jakarta [foto bawah, kanan berdiri]. Ia memperkenalkan buku MSK. M = Melayani Yesus Kristus, S = Sejalan dengan Yesus Kristus, K = Kokoh di dalam Yesus Kristus.


Ia mengatakan buku MSK cocok untuk jemaat-jemaat Kelompok Sel, Cool [Community of Love]. Buku terdiri dari tiga modul yaitu Modul I : Mengalami Kristus. Modul II membahas tentang Sejalan dengan Yesus Kristus dan Modul III : Kokoh di dalam Yesus Kristus.


Nara sumber peretama membahas tentang Modul I : Mengalami Kristus terdiri dari Kasih Allah Bapa, Kuasa Salib Kristus, Gaya Hidup Bersekutu dengan Allah, Mengenal Allah sebagai Bapa, Hati yang Pulih, Manusia Baru, Baptisan Roh Kudus.


Sesuai dengan nats Firman Tuhan, ia mengatakan semula pada saat dunia diciptakan, dunia ini indah dan sesuai dengan rencana Allah. Namun dunia menjadi rusak karena dosa. Rancangan Allah yang dirusak manusia karena dosa hanya bisa dipulihkan melalui Yesus Kristus di kayu salib. Nats Yohanes 3:16.


Lebih lanjut, nara sumber menambahkan perlunya jemaat melakukan doa, Firman Tuhan dan pujian penyembahan, sesuai dengan nats KIS 2:42, 46-47. Allah mau memulihkan hati manusia sebab hati adalah pusat hidup manusia dan hati bisa tercermar. "Tabiat manusia lama terutama hati yang terluka, kepahitan perlu mendapatkan pemulihan," tegasnya.


Makna, pentingnya Roh Kudus dalam kehidupan sehari-hari bagi orang percaya dan langkah-langkah menerima baptisan Roh Kudus dijabarkan secara singkat oleh nara sumber. Sementara itu, buku lainnya berjudul Komunitas Sel Berbasis Amanat Agung. Menjadi Seperti Kristus di Dunia Kerja dan Kepemimpinan.