Berita Bethel
Penulis: Pram (14/07/2015)

Kapan Yesus Datang Kembali ?


Sikap GBI Terhadap Penafsiran Hari Kedatangan Tuhan Yesus Kristus. Menyikapi berbagai isu dan pengajaran yang berkembang akhir-akhir ini, para pimpinan GBI mengadakan pertemuan “Forum Teolog GBI” di Graha Bethel, Jakarta (Selasa, 30/6). Hadir pada pertemuan ini yaitu Pdt. Dr. Japarlin Marbun (Ketum BPH GBI), Pdt. Dr. Rubin Adi Abraham (KetuaTeologi dan Pendidikan BPH GBI), Pdt. Hengky So, S.Th (Ketua Departemen Teologi GBI), Pdt. Dr. Junifrius Gultom (Sekretaris Departemen Teologi GBI), Pdt. Dr. Jonathan Trisna (Ketua Biro Ajaran GBI) dan  sejumlah hamba Tuhan lainnya.



Dalam pertemuan itu ditegaskan sikap GBI terhadap pengajaran yang menyatakan bahwa Yesus akan datang kembali pada : a).Tanggal 28 September 2015, bertepatan dengan hari raya Pondok Daun dan penampakan gerhana bulan darah keempat (tafsiran versi pertama).



b).Tahun 2018, berdasarkan Matius 24:32-34 yaitu pohon ara bertunas adalah negara Israel modern yang berdiri tahun 1948 + 1 angkatan = 70 tahun (Mzm. 90:10) = tahun 2018 (tafsiran versi kedua). c) Tafsiran yang lain yang polanya sejenis dengan point a dan b di atas.



Mengacu pada pedoman pokok ajaran GBI yang telah disosialisasikan dalam sidang Sinode GBI ke -15 di Sentul, Bogor tanggal  28-31 Oktober 2014, GBI percaya bahwa : Tuhan Yesus akan datang kembali ke bumi (I Yoh.14:1-3). Tapi tentang saat kedatangan-Nya tak seorang pun yang tahu, kecuali Bapa di Surga (Mat. 24:36). Karena itu GBI menolak ramalan yang menyebutkan Yesus akan datang pada hari, tanggal atau tahun tertentu.



GBI percaya bahwa kedatangan Kristus kembali itu akan terdiri dari dua tahap yang berbeda. Tahap pertama adalah pengangkatan orang percaya ke awan-awan (I Tes. 4:15-17).Ini adalah kedatangan Kristus untuk menjemput umat-Nya.Sedangkan tahap kedua Yesus akan menjejakkan kaki di bumi.Ini adalah kedatangan-Nya dengan orang-orang kudus-Nya (Yudas 1:14).



GBI tidak menekankan teori pengangkatan manapun, apakah di awal (pre-tribulation), di tengah (mid-tribulation) atau pun di akhir (mid-tribulation) masa aniaya Anti Kristus. Kita harus siap menyambut kedatangan-Nya setiap saat. [Pdt. Dr. Rubin Adi Abraham - KetuaTeologi dan Pendidikan BPH GBI/Foto : www.youtube.com].