Berita Bethel
Penulis: Pram (12/08/2015)

BPD TAPANULI : Kegiatan Organisatoris dan Fellowship


Beragam kegiatan organisasi telah dilakukan BPD GBI Tapanuli. Redaksi menerima kiriman beberapa naskah dan foto kegiatan BPD dari Pdt. Yusuf Sumitro Pasaribu, M.Th [Wakil Sekretaris BPD GBI Tapanuli].



Siborongborong - Pelantikan staf (pengurus) lengkap dan perayaan Natal bersama pejabat Badan Pekerja Daerah (BPD) Gereja Bethel Indonesia (GBI) Tapanuli di Gereja GBI Rock Kecamatan Siborongborong Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Jumat, (19/12) berlangsung sukses dan meriah.



Natal bertema, “Tetapi Aku akan hadir di tengah-tengahmu dan Aku akan menjadi Allahmu dan kamu akan menjadi umatKu (Imamat 26:12)”, dengan pengkotbah Pdt Dr Japarlin Marbun [Ketua Umum BPH GBI]. Pdt Japarlin Marbun dalam siraman rohaninya mengatakan, Tuhan itu sebetulnya sangat mementingkan keluarga seperti yang digambarkan sesuai Firman Tuhan yakni, Yusuf dan Maria yang pada masa sekarang pun Tuhan hadir dalam keluarga itu yang walaupun keluarga itu banyak menghadapi tantangan.



Oleh karena itu, Pdt Japarlin mengajak para jemaatnya menjadi keluarga yang bahagia dan keluarga yang bermanfaat bagi masyarakat serta keluarga yang memuliakan Tuhan. “Tentu dalam pelayanan kepada Tuhan, bukan hanya diri kita yang penting, tetapi keluarga kita pun penting bagi Tuhan,”ungkapnya.



Usai penyampaian siraman rohani, acara dilanjutkan dengan pelantikan pengurus lengkap BPD GBI Tapanuli masa bakti 2014-2018 yaitu, Pdt Marical Manalu SPAK terpilih menjadi Ketua BPD GBI, Wakil Ketua masing-masing Pdt Donggas Marbun, Pdt Hobby Napitupulu, SPAK, Pdt Gideon Gamar STh, Sekretaris Pdt Yusuf Sumitro Pasaribu MTh dan Bendahara Pdt dr Sugiarto serta pengurus BPD lainnya.



Pdt Marical Manalu SPAK dalam sambutannya mengatakan, pihaknya terpilih sebagai Ketua adalah karena kasih dan anugerah Tuhan. “Tentu kita para pejabat GBI yang ada di Tapanuli bersama-sama dengan seluruh jemaat patut berterima kasih kepada BPD GBI Sumut dan BPH GBI yang merespon permohonan kita,”ujarnya.



Pdt Marical mengajak pengurus melakukan dengan tugas-tugasnya dengan kemampuan dan karunia Tuhan dalam mewujudkan GBI “Mantap” sesuai dengan program ketua umum yang telah dicanangkan pada Sinode GBI XV dan ia juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dari segenap Departemen dan Biro BPH GBI.



SMD I Gembala.

Tarutung - Meningkatkan kualitas pejabat mengevaluasi dan menyepakati program pelayanan yang akan dilakukan ke depan, Gereja Bethel Indonesia (GBI) menggelar Sidang Majelis Daerah (SMD) pertama gembala yang berlangsung 19-21 Maret 2015 dengan mengusung thema “Lihatlah sekelilingmu, ladang sudah menguning tuailah bersama” dengan Sub Thema, “Era baru menuju GBI Mantap” di Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara. Ketua umum BPH GBI Pdt Dr Japarlin Marbun didampingi pengurus inti BPD GBI Tapanuli, Ketua-ketua BPW dan Ketua-Ketua Departemen memukul gong pertanda dibukanya SMD.



Acara yang dihadiri sekitar 500 hamba Tuhan itu diwarnai dengan berbagai acara yaitu ibadah, kata-kata sambutan, sidang pleno, acara KKR dan doa syafaat. Ketua Umum BPH GBI Pdt Dr Japarlin Marbun dalam sambutannya pada acara pembukaan menyampaikan, dalam usaha pengembangan pelayanan GBI di Tapanuli, harus bekerja keras untuk memperlengkapi para gembala jemaat demi mewujudkan thema dan sub thema.



Ketua BPH menuturkan, untuk menuai bersama ladang yang sudah menguning dalam era baru menuju GBI mantap perlu memperhatikan bahwa hamba Tuhan dituntut untuk memprioritaskan kehendak Tuhan dalam seluruh aspek hidup dan mengutamakan kesatuan dan kesehatian sebagai tubuh Kristus. “Tentu kebersamaan tidak bisa terwujud jika masing-masing masih mempertahankan kepentingannya sendiri,” ungkapnya.



Dengan kesehatian dan kesatuan kata Pdt Japarlin, segala beban juga menjadi ringan seperti yang dicontohkan kedua tangan Musa pada saat ditopang Harun dan Hur sampai matahari terbenam sehingga Yosua dapat mengalahkan orang Amalek.Dia berharap, seluruh hamba Tuhan menyatukan hati dan pikiran yang berfokus kepada Kristus dan bekerja bersama menuju GBI mantap.



“Harus dapat saling menguatkan, menyemangati dan saling mempererat persahabatan, membicarakan dan menyelesaikan segala permasalahan yang timbul selama ini di gereja kita masing-masing,” ujarnya.



Turut hadir dalam acara SMD Tapanuli, pengurus Inti BPD GBI Tapanuli antara lain, Ketua Pdt Marical Manalu SPAK, Wakil-wakil Ketua Pdt Danggas Marbun,Pdt Hobby Napitupulu,S.PAK, Pdt Gideon Gamar,S.Th, Sekretaris Pdt Moses Sinaga MA,Wakil Sekretaris Pdt Yusuf Sumitro Pasaribu,M.Th Ketua-ketua Badan Pekerja Wilayah (BPW) dan Ketua-ketua Departemen serta ratusan calon Pendeta Pembantu (Pdp) dan Pendeta Muda (Pdm).



Pengurus Staf Inti BPD Tapanuli memimpin penutupan SMDG I Tapanuli. Penyerahan berupa ulos ( khas Tapanuli ) kepada Pdt Suyapto Tandyawasesa selaku Pimpinan Majelis Persidangan pada acara penutupan SMDG I Tapanuli oleh Panitia.



Fellowship Gembala-gembala Jemaat GBI Tapanuli, Muara-Taput (16/7).

Kegiatan ini bertujuan untuk menguatkan komitmen bersama dalam mensukseskan GBI Mantap di Tapanuli. Pada acara ini, Pdt Edward OP Siregar, S.Th selaku anggota MPL dari Tapanuli menjadi pembicara sekaligus mengawali pembukaan fellowship.



Jumlah Gembala jemaat yang hadir sekitar 70 orang dari seluruh gembala jemaat yang ada di Tapanuli. Materi yang disampaikan oleh staf BPD GBI Tapanuli selaku panelis pada acara tersebut adalah Penguatan Integritas gembala-gembala jemaat, pewartaan jemaat dalam mengarahkan sumber daya jemaat gereja-gereja lokal dalam mendukung GBI Mantap, kemudian diakhiri dengan pemaparan standarisasi kesekretariatan BPD.

Kegiatan ini diakhiri dengan rekreasi bersama, yakni mengelilingi Pulau Sibandang bersama gembala GBI Tapanuli dan BPD Tapanuli.



Peresmian dan Pentahbisan Gedung GBI Jl. Tukka Tapteng.

Pdt. Dr. Japarlin Marbun meresmikan gedung GBI Tukka Tapteng yang digembalakan Pdm.Ir.Basar Sibarani M.Si (5/6). Beliau didampingi anggota MPL Tapanuli (Pdt Edward OP Siregar, S.Th), Ketua BPD GBI Tapanuli dan Wakil Ketua Pdt Gideon Gamar, S.Th, Wakil Sekretaris (Pdt Yusuf Sumitro Pasaribu,M.Th).



Dari Pemerintah setempat hadir Walikota Sibolga dan Plt. Bupati Tapteng, Ketua BKAG dan Pengurus PGPI Sibolga Tapteng. [Pdt Yusuf Sumitro Pasaribu, M.Th / Wakil Sekretaris BPD GBI Tapanuli]



Keterangan Foto : Kiri Atas : Pdt. Dr. Japarlin Marbun MPd foto bersama dengan peserta SMD Gembala I BPD GBI Tapanuli. Kiri Bawah : Pelantikan Staf BPW Sibolga, Tapanuli Tengah. Kanan Atas : Ketua Umum BPH, Ketua dan pengurus BPD Tapanuli yang dilantik. Kanan Bawah : Fellowship Gembala-gembala jemaat GBI Tapanuli Muara-Tapanuli Utara.