Berita Bethel
Penulis: Pram (28/01/2015)
Presentasi Departemen BPH


Pleno II (Selasa,27/01) dilanjutkan dengan pemaparan masing-masing departemen BPH GBI masing-masing WBI, DPA, Litbang dan Jaringan, Teologia, Pendidikan dan Latihan, PI, Pelmas, Bethel World Mission, Kesekretariatan, serta vendor layanan sms banking untuk keperluan kelancaran pejabat/gereja lokal untuk membayar perpuluhan, iuran pejabat via telepon seluler (sms).



WBI (Wanita Bethel Indonesia) : Kegiatan di Jawa-Tengah 24-26 Februari 2015 yaitu Rakernas, hal ini dilaporkan oleh Ketua Departemen Wanita (Pdt. dr. Eunike Stephanie Mesach). Pihaknya akan mengadakan survei tentang kebutuhan keluarga dan akan bekerja-sama dengan DPA.Program-program unggulan WBI antara lain pembuatan buku pintar istri hamba Tuhan, pembuatan booklet pendidikan seksual anak bagi para ibu, pembuatan film animasi pendidikan seksual anak bagi para ibu, meneruskan operasional PAUD Naisuti dan evaluasi, meneruskan subsidi PAUD Narwastu, Biak dan evaluasi, penerbitan newsletter 4 bulan 1 kali dan distribusi ke semua Korda, operasional asrama putri Pontianak, Rakerda dan pembekalan Ketua WBI di seluruh Korda dan BPLN.



DPA : Ketua DPA, Pdt. Timotius Tan melaporkan departemennya akan mengadakan pelatihan-pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan anak-anak muda. Seperti musik, kewirausahaan,pembinaan keluarga dan penyusunan kurikulum SM dan lain-lain. Ketua Pembinaan Keluarga,Pdt. Dr.dr. Dwidjo Saputro, SpKJ mengatakan gereja terampil dengan dasar Teologia untuk melayani keluarga. Dari keluarga, seseorang berkembang menjadi anggota gereja.Departemen Pembinaan Keluarga mempunyai rancangan kerja yakni membangun iman gereja untuk melatih jemaat agar beriman, Memperkokoh pernikahan. Sebuah survei di Malaysia mendapatkan hasil yang mengkhawatirkan sebab 60 % keluarga jemaat dalam kondisi “lampu merah”,  meningkatkan keterampilan menjadi orang tua, melatih keluarga untuk menggunakan SDM secara maksimal. Terdapat hasil survei bahwa di masa tua, kondisi rohani justru mengalami kemerosotan.



Departemen Litbang dan Jaringan : Ketua Departemen, Pdt. Juan Mogi, MA  memaparkan pihaknya akan mengawali kinerjanya dengan cara mengadakan survei ke gereja-gereja dengan responden  yaitu gembala dan jemaat setempat. Mengadakan konvensi untuk menjawab kebutuhan gereja-gereja dan lain-lain. Studi (riset) di GBI guna mengetahui mengapa ada gereja lokal yang berkembang dan ada gereja yang tidak berkembang.



Departemen Teologia : Pdt. Hengky So, S.Th, Ketua Departemen melaporkan pihaknya akan mengadakan pembinaan di daerah sesuai dengan kondisi setempat, pembuatan buku panduan tentang ajaran-ajaran Teologia yang kontroversi, pencetakan buku (buklet) tentang nama Allah, buku nikah-cerai-nikah kembali. Buku lainnya yang akan dicetak perihal panduan pelayanan seperti baptisan, perjamuan kudus, pernikahan, modul BEC (doulos camp).



Departemen Pendidikan dan Latihan :Peningkatan mutu dosen STT, koordinasi dengan STT/STPB, peningkatan sarana dan pra sarana, pembuatan kurikulum dan bahan ajar, pelatihan PAUD, guru-guru dan sertifikasi pejabat GBI. Demikian paparan Pdt. Dr. Purim Marbun selaku Ketua Departemen.



Departemen PI :Church planting, pembentukan Bethel Mission Network dengan berjejaring ke gereja lokal dan bertujuan membentu hamba Tuhan agar efektif dalam pelayanan, dan peningkatan kualitas SMPD, demikian disampaikan Ketua Misi dan Pelmas, Pdt.dr.Josafat  Mesach, MTh.



Departemen Pelayanan Masyarakat : Pdt. Dr. Wiryohadi, MTh selaku Ketua Departemen melaporkan bahwa departemennya mempunyai PDGBI (Persatuan Dokter GBI), Biro Hukum dan akan mengadakan seminar politik bagi jemaat. Pihaknya akan membuat S.O.P untuk pelayanan sesuai dengan jenis pelayanan masing-masing. Ia mencontohkan, misalnya pelayanan untuk orang gila.



BWM (Bethel World Mission) : Pdt. Ir. Efapras Djohan Handojo, M.Th selaku Ketua melaporkan BWM akan mengadakan konferensi, misionari (luar negeri), Bethel next generation ambassador, program adopsi GBI luar negeri, peningkatan kerja-sama GBI-COG (Church of God), AS dan lain-lain.



Sekretariat BPH :Prioritas penyusunan data base akan mendapat prioritas utama, demikian laporan Sekretaris I, Pdt. Himawan Leenardo.Pendataan ulang pejabat GBI dan gereja di Indonesia dan luar negeri akan dilakukan segera.  Selain itu, pihaknya akan melakukan penataan dan peningkatan ruang kerja Sekretariat di Graha Bethel, penataan prosedur surat menyurat, dan lain-lain.



Di bidang media, Sekretariat membawahi Biro Media yang akan mengurusi bidang-bidang TV Bethel, radio, news letter, Penyuluh, media online (www.sinodegbi.or.id dan portal berita baru : www.beritabethel.com).



Bendahara (Keuangan) : Guna mendukung perolehan dana maka Pdt. Budyanto Totong akan menghubungi dan datang ke gereja-gereja  lokal GBI yang besar agar mendukung program BPH GBI, khususnya di bidang dana. Kelak, dana tersebut digunakan untuk  membantu gereja-gereja kecil di daerah-daerah, BPD-BPD di daerah sehingga bisa berkembang.



Arahan Ketua Umum BPH GBI agar ke depan, departemen terkait BPH bisa berkoordinasi dengan COG (Church of God), AS untuk mengadakan Pastor Conference di salah satu wilayah BPD. Sehingga para pejabat GBI di sekitarnya bisa hadir. Pdt. Japarlin berpesan perlunya segera dilakukan pendalaman terhadap ajaran-ajaran yang menyimpang dari Alkitab  di wilayah tertentu.